Android 10 Q Beta 3 Tersedia untuk 21 Varian Smartphone, Apa Saja?

Oleh Andina Librianty pada 09 Mei 2019, 14:00 WIB
Android Q

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan sistem operasi (OS) terbaru, Android 10 Q, di Google I/O.

Versi beta ketiga OS tersebut pun kini sudah bisa digunakan pada 21 varian smartphone.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (9/5/2019), Android 10 Q versi beta 3 sudah tersedia untuk 21 varian smartphone dari 13 manufaktur. Termasuk di dalamnya seri Pixel dari Google.

Jumlah manufaktur yang berpartisipasi dalam program Android beta ini cukup banyak. Hal tersebut berkat peluncuran Project Treble pada 2017 sebagai bagian dari Android Orea.

Saat Google I/O pada tahun lalu, hanya ada delapan perangkat dari tujuh manufaktur yang bergabung dalam program Android P beta. Kini jumlahnya bertambah menjadi 21 varian smartphone.

Deretan smartphone yang ikut serta dalam program Android 10 Q beta 3 di antaranya, Asus Zenfone 5z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, Nokia 8.1, OnePlus 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, dan Sony Xperia XZ3. Selain itu juga ada Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi Mix 3 5G.

2 of 3

Google Resmi Umumkan Kehadiran Pixel 3a dan 3a XL

Google Pixel 3A
Tampilan smartphone anyar dari Google, Pixel 3A (sumber: Google)

Lebih lanjut, setelah rumor kehadirannya sempat terdengar sejak beberapa bulan lalu, Google akhirnya mengumumkan kehadiran dua smartphone terbaru besutannya, yakni Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Keduanya resmi memulai debut di ajang Google I/O 2019.

Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, kedua model ini merupakan varian terbaru dari Google Pixel 3 yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Kendati demikian, fitur utama pada Pixel 3 tetap dihadirkan di smartphone ini.

Fitur utama yang dimaksud adalah kemampuan kameranya. Perlu diketahui, Pixel 3a dan Pixel 3a XL dibekali kemampuan kamera serupa Pixel 3 Standar dengan lensa beresolusi 12,2MP, yang termasuk di dalamnya fitur Night Sight.

"Smartphone high-end semakin lama semakin mahal, sehingga kami menantang diri sendiri untuk mengoptimalkan software pada perangkat yang lebih terjangkau," tutur SVP Devices & Services Google, Rick Osterloh seperti dikutip dari The Verge, Rabu (8/5/2019).

Adapun alasan Pixel 3a dan Pixel 3a XL dilabeli memiliki harga lebih terjangkau, karena dijual mulai dari USD 399 (Rp 5,7 juta). Harga ini dapat dikatakan separuh dari flagship smartphone yang ada sekarang.

Rencananya, smartphone ini akan tersedia mulai 7 Mei 2019 di Amerika Serikat. Namun untuk ketersediaannya di pasar global, Google tidak memberikan informasi lebih rinci.

(Din/Jek)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓