Review Realme 3 Pro, Smartphone Rp 3 Jutaan Rasa Flagship

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Mei 2019, 18:00 WIB
Realme 3 Pro

Liputan6.com, Jakarta - Realme baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, Realme 3 Pro. Mengusung nama dengan embel-embel Pro, jelas smartphone ini hadir dengan sejumlah peningkatan dari versi standar.

Salah satu peningkatan yang cukup signifikan adalah penggunaan chipset oleh Realme di smartphone anyar ini. Kali ini, Realme memakai chipset Snapdragon 710.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal smartphone terbaru dari Realme ini. Untuk mengetahui seperti apa kinerjanya? Berikut ini adalah ulasan singkat dari Realme 3 Pro.

Desain

Realme 3 Pro dapat dikatakan mengusung desain kekinian dengan desain warna gradien untuk bodi bagian belakang. Ada dua warna yang tersedia, yakni lightning purple dan nitro blue.

Kebetulan, Tekno Liputan6.com mendapatkan unit dengan warna lightning purple. Menariknya, gradasi warna yang ditampilkan di Realme 3 Pro dibuat miring, sedikit berbeda dari gaya kebanyakan smartphone saat ini.

Realme menggunakan pelat komposit platik optik dengan tekstur 3D. Hal ini membuatnya lebih tipi ketimbang smartphone lain yang memakai desain kaca 2,5D.

Tombol power dari Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Penggunaan pelat ini juga membuat bobot Realme 3 Pro lebih ringan, tapi tetap memiliki daya tahan yang baik. Saat digenggam, smartphone ini juga terbilang nyaman.

Bagian bawah smartphone ini diisi dengan speaker grill, port micro-USB, dan headphone jack 3,5mm. Sementara di bagian kiri terdapat tombol volume dengan slot kartu SIM. Tombol power sendiri terletak di bagian kanan.

2 of 4

Layar dan Spesifikasi

Realme 3 Pro
Bagian bawah dari Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Untuk layar, Realme 3 Pro masih mengusung desain notch dewdrop. Memiliki layar berukuran 6,3 inci, lebar bezel smartphone ini hanya sekitar 1,55mm.

Dengan ukuran tersebut, Realme 3 Pro memiliki rasio screen-to-body 90,8 persen. Layar smartphone ini memiliki resolusi 1080 x 2340, sehingga pengalaman saat menonton video terbilang nyaman.

Spesifikasi

Seperti yang disebutkan, Realme 3 Pro didukung dengan chipset Snapdragon 710. Chipset ini merupakan salah satu model menengah dari Qualcomm, sehingga menjanjikan performa yang cukup mumpuni.

Berdasarkan pengujian dengan aplikasi AnTuTu Benchmark, skor yang diperoleh rata-rata mencapai 150 ribuan. Saat penggunaan pun, Tekno Liputan6.com tidak merasakan kendala berarti.

Tampilan antarmuka dari Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sekadar informasi, unit Realme 3 Pro yang kami gunakan merupakan varian RAM 6GB dan ROM 128GB.

Saat memainkan gim, performa smartphone ini juga didongkrak dengan kehadiran fitur Game Space, sehingga pengalaman yang dirasakan dapat lebih optimal.

Untuk menjajal pengalaman bermainnya, kami mencoba gim PUBG Mobile. Hasilnya proses bermain dapt berjalan dengan lancar. Bahkan, pengaturan awal bermain disarankan ke spesifikasi grafis high.

Pengaturan otomatis di Realme 3 Pro saat memulai PUBG Mobile (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

 

Tidak hanya itu, smartphone ini juga sebenarnya sudah mendukung gim battle royale lain, yakni Fortnite. Tidak berbeda jauh, pengalaman bermain gim besutan Epic Games itu juga dapat dilibas tanpa kendala berarti.

Realme 3 Pro hadir dengan baterai berkapasitas 4.045mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, smartphone ini mampu mendukung kegiatan hingga satu hari dalam pemakaian normal.

Meski berkapasitas besar, Realme telah menyertakan fitur VOOC 3.0 flash charge, sehingga proses pengisian daya lebih cepat. Saat mengisi daya dari sekitar 20 persen hingga 50 persen dapat dilakukan dalam waktu kira-kira 30 menit.

Smartphone ini sudah menjalankan Android 9 Pie dengan balutan ColorOS 6.0. Fitur keamanan diserahkan pada pemindai sidik jari di bodi belakang dan pemindai wajah dengan kemampuan yang terbilang mulus.

3 of 4

Kamera

Realme 3 Pro
Tampilan belakang Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Urusan fotografi, diserahkan pada dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16MP dan 5MP. Adapun ukuran piksel tunggal dari lensa utamanya adalah 1.12um dengan aperture f/1.7.

Sementara keperluan selfie dilayani kamera depan beresolusi 25MP. Kamera depan Realme 3 Pro memiliki aperture yang dapat diperbesar menjadi f/2.0 dan mendukung sintesis 4-in-1 piksel berukuran piksel 1.8um.

Sebagai pendukung performa kameranya, Realme sudah menyertakan modus Nightscape. Berbekal bantuan kecerdasan buatan, sinergi multi-frame, algoritma anti-shake, modus ini dapat meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi kurang cahaya.

Tidak hanya itu, Realme 3 Pro juga memiliki modus perekaman video lambat (slow-mo) 960 fps. Untuk mengetahui seperti hasil kamera smartphone ini, berikut beberapa yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com.

Hasil tangkapan kamera Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera Realme 3 Pro dengan fitur Chroma Boost (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera depan Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera Realme 3 Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Hasil tangkapan gambar Realme 3 Pro dalam Modus Nightscape (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

4 of 4

Kesimpulan

Realme 3 Pro
Tampilan Realme 3 Pro bagian depan (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan, Realme 3 Pro dapat disebut sebagai salah satu smartphone terbaik di kisaran harga tersebut.

Alasannya, tidak lepas dari spesifikasi yang diusungnya, yakni Snapdragon 710 ditambah RAM 6GB dan ROM 128GB. 

Kombinasi keduanya tak dimungkiri telah memberikan performa yang mulus, tanpa masalah. Selain itu, ada pula fitur Game Space yang dapat mengoptimalkan pengalaman bermain. 

Kamera smartphone ini juga terbilang baik dalam menangkap kondisi sekitar. Hadirnya fitur penunjang, memungkinkan pengguna berkreasi dengan kamera dari Realme 3 Pro.

Pengguna yang membutuhkan daya tahan lama juga dapat mengandalkan smartphone ini karena memiliki kapasitas baterai 4.045mAh yang ditunjang fitur VOOC 3.0.

Salah satu nilai minus dari smartphone ini terletak pada pengunaan port yang masih menggunakan micro-USB, berbeda dari smartphone kebanyakan yang sudah memakai Type-C.

Selain itu, desain notch yang masih dipertahankan terlihat cukup lawas, saat sejumlah perusahaan memilih untuk tidak lagi mengusung desain tersebut.

Namun terlepas dari dua hal itu, Realme 3 Pro dapat dikatakan sebagai smartphone rasa flagship dengan harga terjangkau.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓