Google Maps Kini Hadir dengan Fitur Incognito Mode

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Mei 2019, 05:00 WIB
Google Maps

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur penting yang diumumkan Google dalam ajang Google I/O 2019 adalah kehadiran Incognito Mode untuk Google Maps.

Bagi pengguna layanan Google, nama tersebut tentu tidak asing karena sudah memang sudah cukup lama tersedia di Chrome.

Namun kali ini, Google memboyong kemampuan tersebut ke aplikasi Maps. Upaya ini disebut merupakan langkah Google menghargai keamanan dan privasi para pengguna layanannya.

"Privasi dan keamanan merupakan fondasi dari semua yang kami lakukan," tutur CEO Google Sundar Pichai seperti dikutip dari Venture Beat, Rabu (8/5/2019). Selain Maps, fitur ini lebih dulu dihadirkan Google di aplikasi YouTube.

Pada dasarnya, modus ini memang tidak sepenuhnya menghentikan pelacakan aktivitas pengguna. Kendati demikian, dengan mengaktifkan modus ini, aktivitas tersebut setidaknya tidak tersimpan dan dihubungkan ke profil pengguna.

Dengan kata lain, Google memberikan kesempatan pengguna mengontrol hal yang dicarinya. Untuk memudahkan pengguna, pengaturan modus ini dapat diakses langsung dari profile picture pengguna.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mengungkapkan secara resmi kehadiran fitur untuk memudahkan pengguna menghapus riwayat dan lokasi dari akun Google miliknya.

Melalui fitur ini, pengguna dapat mengatur secara manual atau otomatis penghapusan aktivitas akun miliknya. Google menyediakan durasi penyimpanan aktivitas mulai dari tiga bulan hingga 18 bulan, sebelum seluruhnya dihapus secara otomatis.

Google menyebut fitur ini akan hadir untuk pengguna dalam beberapa minggu ke depan. Raksasa internet itu juga menyebut fitur ini merupakan langkah awal, sehingga tidak tertutup kemungkinan fitur serupa akan hadir untuk layanan lain. 

2 of 3

Google Resmi Umumkan Kehadiran Pixel 3a dan 3a XL

Google Pixel 3A
Tampilan smartphone anyar dari Google, Pixel 3A (sumber: Google)

Lebih lanjut, Google akhirnya mengumumkan kehadiran dua smartphone terbaru besutannya, yakni Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Keduanya resmi memulai debut di ajang Google I/O 2019.

Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, kedua model ini merupakan varian terbaru dari Google Pixel 3 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Kendati demikian, fitur utama di Pixel 3 tetap dihadirkan di smartphone ini.

Fitur utama yang dimaksud adalah kemampuan kameranya. Perlu diketahui, Pixel 3a dan Pixel 3a XL dibekali kemampuan kamera Pixel 3 standar beresolusi 12MP, termasuk di dalamnya ada fitur Night Sight.

"Smartphone high-end semakin lama semakin mahal, sehingga kami menantang diri sendiri untuk mengoptimalkan software yang di perangkat yang lebih terjangkau," tutur SVP Devices & Services Google, Rick Osterloh seperti dikutip dari The Verge, Rabu (8/5/2019).

Adapun alasan Pixel 3a dan Pixel 3a XL dilabeli memiliki harga lebih terjangkau karena dijual dengan harga mulai USD 399 (Rp 5,7 juta). Harga ini dapat dikatakan merupakan separuh dari flagship smartphone yang ada sekarang.

Rencananya, smartphone ini akan tersedia mulai 7 Mei 2019 di Amerika Serikat. Namun untuk ketersediaannya di pasar global, Google tidak memberikan informasi lebih rinci.

3 of 3

Spesifikasi Pixel 3A dan Pixel 3A XL

Google Pixel
Tampilan dari smartphone anyar Google, Pixel 3A (sumber: Google)

Sementara dari sisi spesifikasi, keduanya menggunakan chipset dengan kelas di bawah versi Pixel 3 standar. Pixel 3a menggunakan chipset Snapdragon 670, sedangkan Pixel 3a XL dibekali Snapdragon 710.

Keduanya sama-sama dipersenjatai dengan RAM 4GB yang dipadukan dua opsi memori internal, yakni 64GB dan 128GB. Baik Pixel 3a dan Pixel 3a XL disematkan kamera depan beresolusi 8MP untuk keperluan selfie.

Dari sisi desain, sebenarnya kedua varian ini tidak memiliki perbedaan signifikan dengan saudara tuanya, Pixel 3. Perbedaan hanya terletak di ukuran layar, yaitu 5,6 inci untuk Pixel 3a dan 6 inci untuk Pixel 3a XL.

Sebagai penopang performanya, Pixel 3a dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh dan baterai berkapasitas 3.700mAh untuk Pixel 3a XL. Tak lupa, Google turut menyertakan fitur fast charging 18-watt.

Tombol pemindai sidik jari tetap diletakkan di bagian belakang bodi. Meski hadir tanpa slot microSD, baik Pixel 3a dan Pixel 3a masih menyediakan headphone jack 3,5mm.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓