Huawei Berpotensi Taklukkan Apple Rajai Pasar Smartphone

Oleh Jeko I. R. pada 06 Mei 2019, 18:00 WIB
Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dinilai berpotensi memperbutkan posisi teratas vendor smartphone global. Bahkan, perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut diyakini bisa menyalip Apple dan Samsung.

Seperti dilansir ZDNet pada Senin (6/5/2019), data dari IDC memperlihatkan kalau performa penjualan smartphone Huawei terus meningkat di tengah lesunya penjualan smartphone vendor lain.

Padahal penjualan smartphone vendor lain secara keseluruhan menurun sekitar 6,6 persen pada kuartal pertama 2019, jika dibanding kuartal pertama tahun lalu, atau menjadi sekitar 310,8 juta unit.

Diketahui, penurunan ini terjadi secara beruntun selama enam tahun terakhir. Pada tahun lalu, penjualan menurun menjadi 4,1 persen.

Tren ini bahkan dianggap menjadi tanda memburuknya penjualan smartphone di seluruh dunia. Bahkan, Apple dilaporkan mengalami penurunan yang tajam.

"Huawei justru berfokus pada pertumbuhan perusahaan pada perangkat mobile seperti smartphone," kata Wakil Presiden Program Worldwide Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith.

2 of 3

Tantangan Bagi Apple

Huawei HQ
Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Menurutnya, semakin banyak perangkat yang dijual Huawei dan Samsung, semakin berat bagi Apple untuk memperluas ekosistemnya.

Hal ini dirasa menjadi ancaman telak bagi Apple jika tidak bergerak cepat, mengingat Huawei dan Samsung merupakan vendor yang tergolong agresif dalam berbisnis.

Huawei juga ditaksir mampu mencakup 50 persen pangsa pasar di Tiongkok, dan meraih pangsa pasar dunia dari Samsung pada 2020. Jika memang taksiran tersebut benar, Apple sebaiknya segera berbenah.

(Jek/Isk)

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓