Canggih, Android Q Bisa Hidupkan Mode Gelap Otomatis

Oleh Athika Rahma pada 07 Mei 2019, 10:00 WIB
Android Q

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi Android Q dilaporkan akan perkenalkan mode gelap sistem lebar (system-wide dark mode). Fitur ini sudah hadir di versi beta Android Q dan dapat diatur jadwal aktivasinya.

Hal ini berarti, Anda tidak perlu repot-repot menyalakan atau mematikan mode gelap smartphone nantinya.

Fitur akan bekerja sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Misalnya, ketika malam hari mode gelap akan aktif dan mati di pagi harinya.

Mode gelap ini ternyata bukan hal biru di Android Q karena fitur yang sama sudah ditanamkan di versi beta sebelumnya, seperti dilansir Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Selasa (7/5/2019).

Selain itu, fitur unik ini akan otomatis aktif jika mendeteksi baterai smartphone sedang dalam keadaan lemah.

Sebelumnya, Google memang menyatakan kalau mode gelap memang membantu masa pakai baterai.

Sebagai informasi, pada 13 Maret 2019, Android Q Beta 1 sudah diluncurkan dan bisa diunduh untuk seri Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3. Beta 2 sudah diluncurkan 3 April lalu, Beta 3 akan diluncurkan awal Mei dan Beta 4 pada awal Juli.

Beta 5, Beta 6 dan peluncuran final akan dilakukan pada kuartal ke-3 tahun ini.

 

2 of 4

Begini Cara Agar Baterai Smartphone Android Kamu Lebih Tahan Lama

Begini Cara Agar Baterai Smartphone Android Kamu Lebih Tahan Lama
Begini Cara Agar Baterai Smartphone Android Kamu Lebih Tahan Lama

Google akhirnya mengulirkan sebuah fitur yang sudah lama ditunggu oleh pengguna Android lewat pembaruan browser Chrome-nya.

Kini, browser Chrome di Android memiliki modus baru dimana tampilannya dapat diubah menjadi gelap atau biasa disebut "Dark Mode", demikian yang dilansir Moneycontrol, Minggu (5/5/2019).

Sayangnya, Dark Mode ini tidak bisa aktif otomatis pada Chrome. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Pada dasarnya, fitur ini akan mengubah latar belakang Chrome--yang berwarna putih--menjadi hitam.

Modus ini dianggap memudahkan pengguna untuk browsing sesuatu pada saat malam hari, selain itu fitur ini juga dianggap dapat mengurangi masa pakai baterai, sehingga baterai bisa lebih irit.

Berubahnya latar belakang browser juga diyakini dapat mengurangi kelelahan mata pengguna, yang biasanya disebabkan oleh kontras smartphone yang terlalu terang.

Sebelumnya, Dark mode ini pertama kali diperkenalkan di beberapa aplikasi seperti YouTube, Twitter, dan Facebook Messenger pada versi Android.

3 of 4

Cara Aktifkan Dark Mode

Cara Aktifkan Dark Mode
Penggunaan baterai lebih hemat saat menerapkan dark mode (Foto: Phone Arena)

1. Pastikan Chrome kamu sudah ada pada versi terbaru, lalu pengguna wajib menyalin tautan berikut pada kolom pencarian, ‘chrome://flags/#enable-android-night-mode'

2. Setelah dimasukan, kamu akan menemukan opsi di menu dropdown yang disebut sebagai 'Android Chrome UI dark mode'

3. Klik pada Enable atau Aktifkan dan jalankan kembali browser kamu.

4. Pergi ke laman Settings atau Pengaturan, ketuk pada Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur.

Ya, saat ini, fitur tersebut tampaknya hanya berfungsi pada perangkat Google Pixel. Tapi jangan khawatir, pembaruan sedang diluncurkan secara bertahap dan diharapkan akan tersedia untuk semua perangkat Android lainnya.

Fitur lain yang masuk kedalam pembaruan aplikasi yaitu, menghapus animasi, terjemahan halaman web yang lebih mudah, pembaruan keamanan dan peningkatan.

(Tik/Jek)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓