Demi Bebas Notch, Samsung Kembangkan Sensor Kamera di Layar?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Mei 2019, 19:00 WIB
Samsung Galaxy S10

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua vendor smartphone kini tengah mencari inovasi untuk meningkatkan tampilan perangkat mereka.

Salah satu yang dilakukan guna membuat layar lebar minim bezel dengan rasio screen-to-body yang lebih besar, adalah dengan menyesuaikan posisi kamera depan.

Nah, dalam kurun waktu satu-dua tahun terakhir, sejumlah manufaktur smartphone menghadirkan beragam desain kamera depan.

Misalnya saja pop-up selfie, desain punch-hole alias lubang di layar, waterdrop notch, hingga teknologi kamera sliding seperti milik Oppo.

Sampai sekarang masih belum ada teknologi atau metode yang membuat pengguna bisa merasakan smartphone dengan layar yang benar-benar utuh.

Kendati begitu, sejumlah media Korea Selatan menuliskan laporan bahwa Samsung tengan mengembangkan teknologi layar penuh yang sempurna.

2 of 4

Semua Sensor di Layar

Samsung
Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Mengutip laman Gizmochina, Senin (6/5/2019), VP Grup R&D Samsung Dispay Yang Byung-duk mengungkapkan tentang kemungkinan adanya layar penuh smartphone yang sempurna.

Teknologi layar ini bertujuan untuk membuat sebuah layar penuh yang sempurna tanpa ada lubang ataupun notch di layar.

Menurut informasi, semua sensor akan tertanam di layar, tanpa menghalangi pengalaman melihat layar atau menyaksikan konten.

3 of 4

Bukan Pertama Kalinya

Samsung MWC
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Bisa dibilang, jika semua sensor ditempatkan pada layar, sensor kamera pun juga bakal ada di layar. Hal inipun bakal membantu Samsung untuk mencapai tampilan layar 100 persen.

Kabarnya ini bukan pertama kalinya Sasung bicara tentang teknologi layar terbarunya. Dalam sejumlah acara, Samsung pernah mengungkapkan teknologi terbaru mereka.

Sayangnya tidak semua hal diungkap mengenai teknologi layar ini.

(Tin/Jek)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓