Sukses

Begini Cara Agar Baterai Smartphone Android Kamu Lebih Tahan Lama

Setelah ditunggu-tunggu, Google akhirnya menghadirkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat menghemat baterai smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya mengulirkan sebuah fitur yang sudah lama ditunggu oleh pengguna Android lewat pembaruan browser Chrome-nya.

Kini, browser Chrome di Android memiliki modus baru dimana tampilannya dapat diubah menjadi gelap atau biasa disebut "Dark Mode", demikian yang dilansir Moneycontrol, Minggu (5/5/2019).

Sayangnya, Dark Mode ini tidak bisa aktif otomatis pada Chrome. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Pada dasarnya, fitur ini akan mengubah latar belakang Chrome--yang berwarna putih--menjadi hitam.

Modus ini dianggap memudahkan pengguna untuk browsing sesuatu pada saat malam hari, selain itu fitur ini juga dianggap dapat mengurangi masa pakai baterai, sehingga baterai bisa lebih irit.

Berubahnya latar belakang browser juga diyakini dapat mengurangi kelelahan mata pengguna, yang biasanya disebabkan oleh kontras smartphone yang terlalu terang.

Sebelumnya, Dark mode ini pertama kali diperkenalkan di beberapa aplikasi seperti YouTube, Twitter, dan Facebook Messenger pada versi Android.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Aktifkan Dark Mode

Unik, Cara Mengecas Smartphone dengan Botol Plastik

1. Pastikan Chrome kamu sudah ada pada versi terbaru, lalu pengguna wajib menyalin tautan berikut pada kolom pencarian, ‘chrome://flags/#enable-android-night-mode'

2. Setelah dimasukan, kamu akan menemukan opsi di menu dropdown yang disebut sebagai 'Android Chrome UI dark mode'

3. Klik pada Enable atau Aktifkan dan jalankan kembali browser kamu.

4. Pergi ke laman Settings atau Pengaturan, ketuk pada Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur.

Ya, saat ini, fitur tersebut tampaknya hanya berfungsi pada perangkat Google Pixel. Tapi jangan khawatir, pembaruan sedang diluncurkan secara bertahap dan diharapkan akan tersedia untuk semua perangkat Android lainnya.

Fitur lain yang masuk kedalam pembaruan aplikasi yaitu, menghapus animasi, terjemahan halaman web yang lebih mudah, pembaruan keamanan dan peningkatan.

(Shintya Alfian/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini