XL Axiata Prediksi Trafik Data Naik hingga 30 Persen Saat Ramadan 2019

Oleh Andina Librianty pada 02 Mei 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 18:17 WIB
XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - Trafik data kerap mengalami peningkatan saat momen-momen tertentu, termasuk di bulan Ramadan. Untuk Ramadan tahun ini, PT XL Axiata (XL Axiata) menargetkan trafik data akan naik 25 hingga 30 persen dari hari biasa. Sedangkan trafik layanan suara dan SMS diprediksi naik 5-10 persen.

Trafik data harian XL Axiata saat ini mencapai 10 ribu petabyte (PB). "Trafik data harian sekarang 10 ribu petabyte, dan prediksi kami akan ada kenaikan 25-30 persen di Ramadan tahun ini (dibandingkan hari biasa), " ungkap Head Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah, saat ditemui di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Untuk memenuhi perkiraan peningkatan trafik, XL Axiata sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menyiapkan 45 - 50 mobile BTS di berbagai area, seperti jalan tol, wisata, dan rest area.

"Yang sudah on air ada 5 mobile BTS, itu ada di dekat Danau Toba, tol sepanjang Cikampek sampai Cipali, dan juga ada di luar tol," tutur Hamzah.

Selain itu, Hamzah mengatakan, untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran, juga ada penambahan Base Transciever Station (BTS). Sejak awal tahun hingga saat ini ada sekira 2.000 BTS baru. XL Axiata saat ini telah memiliki lebih dari 120 ribu BTS.

 

2 dari 2 halaman

Ramadan dan Lebaran Dongkrak Pelanggan Baru 4G

Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, saat ditemui pada jumpa media di Jakarta, Kamis (2/5/2019). (Liputan6.com/ Andina Librianty)

XL Axiata pun berharap momen Ramadan dan Lebaran akan bisa membantu peningkatan pelanggan 4G. Tak hanya karena ada peningkatan dari sisi infrastruktur, tapi juga kehadiran dua paket baru yang dirilis jelang Ramadan, Xtra Rejeki dan Xtra Kuota Ramadan.

Sayangnya, pihak XL Axiata enggan merinci target penambahan pelanggan baru 4G selama Ramadan.

"Kami tidak bisa spesifik sebut berapa (target pelanggan baru 4G saat Ramadan). Namun, sampai akhir tahun ini kami ingin jumlahnya naik 10 juta dari yang ada sekarang," kata Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono.

XL Axiata sendiri saat ini memiliki 33 juta pengguna 4G atau sekira 60 persen dari total 55 juta pelanggannya. Sebanyak 80 persen pelanggannya sudah menggunakan smartphone.

Tingginya penetrasi smartphone ini, kata Rahmadi, tidak akan begitu sulit membuat seluruh pelanggannya beralih ke 4G.

Saat ini, cakupan jaringan 4G XL Axiata sudah menjangkau 405 kota di Indonesia. "Sekarang rata-rata smartphone sudah ada 4G, tidak ada yang 3G saja. Jadi mudah untuk yang 80 persen itu (semuanya beralih ke 4G)," ungkapnya.

(Din/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓