Sukses

Cek di Sini untuk Uji Seberapa Kuat Password Media Sosial Kamu

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah kasus pembobolan akun di beberapa platform kerap terjadi. Para penyerang biasanya menduga password yang digunakan dan kemudian memeriksa validitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman digital sekarang ini, password menjadi salah satu komponen penting yang harus dijaga kerahasiannya.

Sebab, password merupakan pintu masuk bagi seseorang untuk sign-in ke akun miliknya, mulai dari media sosial hingga akun perbankan.

Penyedia platform pun kerap mengingatkan pengguna untuk selalu memasang password yang paling kuat.

Akan tetapi, tak seluruh pengguna menyadari hal itu dan tak jarang masih memakai kata kunci yang mudah ditebak.

Padahal, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah kasus pembobolan akun di beberapa platform kerap terjadi. Para penyerang biasanya menduga password yang digunakan dan kemudian memeriksa validitasnya.

Karena itu, membuat password yang rumit dan tak mudah ditebak menjadi kunci keamanan akun. Akan tetapi, tak jarang pengguna masih meragukan apakan password yang dibuatnya telah benar-benar kuat.

Beruntung, ada sejumlah tools yang memungkinkan pengguna mengetahui kekuatan dari password-nya. Namun perlu diingat, meski tools ini membantu, sebaiknya kamu tak memasukkan password yang benar-benar digunakan, melainkan pakai kombinasi lain.

1. Pwned Passwords

Situs ini sebenarnya berisi daftar kata kunci yang sudah dibocorkan hacker. Karena itu, situs ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah kata kunci yang digunakan masuk dalam daftar password yang sudah bocor di internet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Password Meter

Password Meter dapat diakses secara gratis bagi pengguna yang ingin menguji kekuatan password miliknya. Situs ini dirancang untuk memperkirakan kekuatan password sehingga kamu dapat menggantinya apabila dirasa kurang meyakinkan.

3. How Secure Is My Password

Situs ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Password Meter yakni membantu pengguna mengetahui kekuatan password. Kendati demikian, harus diingat untuk tak memasukkan password yang sedang kamu gunakan di sebuah akun.

Sementara bagi kamu yang ingin mengetahui cara membuat password yang susah ditebak, salah satu caranya  adalah membuat kata kunci yang panjang. 

Dalam hal ini, panjang yang dimaksud bukan sekadar membuat kombinasi angka atau huruf saja. Sebisa mungkin, kamu membuat password dari kata-kata yang sebenarnya kalimat pendek. 

Lantas, huruf yang ada di dalamnya dapat diganti dengan kombinasi angka atau tanda baca. Untuk memudahkan, kamu dapat memakai kalimat yang dekat dengan keseharian. 

(Jek)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.