Telkomsel Perkirakan Terjadi Lonjakan Trafik Data 21 Persen Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri

Oleh Iskandar pada 01 Mei 2019, 12:00 WIB
Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, Telkomsel memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik Iayanan data sebesar 21 persen dibandingkan hari normal. Bahkan sekitar 66 persen bila dibandingkan periode RAFI tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data.

Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, sepertl video, musik, dan gim. 

Adapun trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar 10 persen dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar 2 persen dibanding hari normal.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel. Liputan6.com/Iskandar

Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan Iayanan digital.

Guna memberikan kenyamanan berkomunikasl selama RAFI tahun ini, secara khusus Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas memadai.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama perusahaan dalam mengantisipasl tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.

"Dengan mengimplementasikan 10.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami menjamin pelanggan Telkomsel dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” kata Ririek di Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019).

 

2 of 2

Tambah Kapasitas Jaringan

Gathering Telkomsel 2019. (Liputan6.com/ Iskandar)

Selain itu, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.

Telkomsel juga menggelar posko layanan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, PasarTradisionaI, dan Mal.

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓