Wacana Ibu Kota Pindah, Bos Telkomsel: Kami Siap

Oleh Iskandar pada 01 Mei 2019, 10:00 WIB
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah

Liputan6.com, Jakarta - Wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota menyedot perhatian masyarakat dan menuai tanggapan dari sejumlah kalangan.

Di sisi lain, keputusan ini pun juga membuat sejumlah industri, termasuk perusahaan telekomunikasi untuk membentuk strategi baru jika hal itu terwujud.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, perusahaan siap jika pemerintah memindahkan ibu kota negara.

"Wacana ini kan masih lama. Pun demikian, kami siap apabila pemerintah memindahkan ibu kota," ucap Ririek menegaskan di Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019) malam.

Namun sayang, Ririek tidak menjelaskan secara detail mengenai strategi perusahaan guna mengantisipasi hal tersebut.

Sebelumnya, Jokowi menyebut ada tiga kandidat calon ibu kota yang baru. Tiga di antaranya adalah Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

"Bisa di Sumatera tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah-tengah. Kira-kira itu lah," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui pemerintah belum memutuskan satu dari tiga kandidat ibu kota tersebut. Jokowi mengatakan, perlu kajian mendalam baik dari sisi lingkungan maupun ketersediaan air sebelum mengambil keputusan.

"Kita harus cek dong secara detail. Meskipun tiga tahun ini kita bekerja ke sana bagaimana mengenai lingkungan, daya dukung lingkungan, air seperti apa, mengenai kebencanaan banjir, gempa bumi seperti apa," ujar Jokowi.

2 of 3

Ramai di Twitter

Jokowi Pimpin Ratas Bahas Pemindahan Ibu Kota
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Ratas membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota. (Liputan6.com/HO/Radi)

Wacana pemindahan Ibu Kota menarik perhatian banyak warga Indonesia, termasuk di ranah internet. Menyusul unggahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta tanggapan warganet terkait Ibu Kota baru Indonesia di Twitter, kini hal tersebut juga menjadi salah satu pembicaraan hangat di Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (30/2/2019), saat tulisan ini dibuat, #YukUsulIbukotaDimana menduduki posisi dua Indonesia trends. Pengguna Twitter menyampaikan kota yang dianggap cocok sebagai Ibu Kota negara, termasuk ada beberapa twit lucu.

Ada yang menyarankan agar Indonesia membentuk [Ibu Kota ]( 3953593 "")baru di Asgard dan Winterfell. Asgard merupakan tempat asal karakter Thor dari Marvel, sedangkan Winterfell merupakan kastil paling populer dari serial populer Game of Thrones.

Berikut beberapa kicauan kocak warganet di Twitter dengan tagar #YukUsulIbukotaDimana:

"The New Asgaard #YukUsulIbukotaDimana," tulis @gandoel75.

"Winterfell #YukUsulIbukotaDimana," kicau @ayutrisnaputri7.

"Winterfell #YukUsulIbukotaDimana," tulis pengguna Twitter dengan akun @FekoJr.

"Lets makes the new asgard. #YukUsulIbukotaDimana," demikian twit dari @aditdhrm1989.

3 of 3

Jokowi Minta Warganet Pilih Ibu Kota Baru

Jokowi Pimpin Ratas Bahas Pemindahan Ibu Kota
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Rencana pemindahan ibu kota dilakukan demi mengurangi tingkat kepadatangan yang sudah membludak di Jakarta. (Liputan6.com/HO/Radi)

Wacana pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta, ramai dibicarakan sejak beberapa hari terakhir. Sebelumnya warganet telah gaduh di lini masa Twitter menanggapi rencana tersebut.

Presiden Jokowi pada hari ini, Selasa (29/4/2019), pun meminta tanggapan warganet, kota mana yang bisa dijadikan Ibu Kota baru, lengkap dengan apa pertimbangannya. Hal ini disampaikannya melalui akun resmi Twitter miliknya, @Jokowi.

"Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?" tanya Jokowi kepada warganet dalam unggahan tersebut.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓