Posting di Instagram, Jokowi Minta Warganet Pilih Lokasi Ibu Kota Baru

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 30 Apr 2019, 10:58 WIB
Jokowi Pimpin Ratas Bahas Pemindahan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Wacana pemindahan ibu kota ramai dibicarakan beberapa hari terakhir, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Jakarta.

Sebelumnya warganet telah gaduh di lini masa Twitter menanggapi keputusan Presiden Jokowi. Trending topic mengenai hal inipun sempat meramaikan lini masa Twitter.

Kini yang terbaru, Presiden Jokowi meminta tanggapan warganet, kota mana yang bisa dijadikan ibu kota baru, lengkap dengan apa pertimbangannya.

"Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?" tanya Jokowi kepada warganet dalam unggahan tersebut. 

Hal tersebut diunggah orang nomor satu di Indonesia itu ke akun Instagram resmi Presiden Jokowi @jokowi, Selasa (30/4/2019).

Jokowi mengunggah sebuah pemandangan Kota Jakarta dari atas. Jakarta dalam foto tersebut tampak padat. Bersama dengan foto tersebut, Jokowi mengunggah keterangan foto.

2 of 3

Cerita Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota

Jokowi Pimpin Ratas Bahas Pemindahan Ibu Kota
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Rencana pemindahan ibu kota dilakukan demi mengurangi tingkat kepadatangan yang sudah membludak di Jakarta. (Liputan6.com/HO/Radi)

DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?

Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju.

Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung.

Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

 

3 of 3

Komentar Warganet

Jokowi
Presiden Jokowi meminta pendapat warganet tentang pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Unggahan Presiden Jokowi itupun mendapatkan tanggapan dari warganet.

Sejak sekitar satu jam setelah diunggah, foto itu mendapatkan lebih dari 200 ribu tanda likes dan komentar-komentar dari warganet. 

Di antaranya warganet berkomentar, agar ibu kota tetap ada di Jakarta agar tidak ada kemacetan di Kalimantan.

Ada pula pengguna Instagram yang menyarankan ibu kota dipindahkan ke Batam, Kalimantan, Papua, Solo, hingga Kota Palangka Raya.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓