Menjajal Kemampuan Wireless PowerShare di Galaxy S10 Plus

Oleh Agustinus Mario Damar pada 30 Apr 2019, 18:00 WIB
Samsung Galaxy S10 Plus

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan rilisnya Galaxy S10 Plus, Samsung turut membenamkan fitur anyar yang diberi nama Wireless PowerShare.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Galaxy S10 Plus berbagi daya dengan perangkat lain atau lebih mudah menjadi powerbank nirkabel.

Fitur ini hadir untuk seluruh seri Galaxy S10, mulai dari Galaxy S10e hingga Galaxy S10 Plus. Secara teori, fitur ini mampu mendukung seluruh perangkat yang sudah mendapat Qi-Certified.

Dengan kata lain, fitur ini dapat mendukung kebanyakan smartphone premium lain yang memang sudah kompatibel dengan Qi, termasuk sejumlah aksesorisnya.

Saat menjajal fitur ini, kami merasa tidak menemukan kendala berarti saat mengaktifkannya. Sebab, fitur ini dapat langsung diaktifkan melalui menu Quick Settings dengan menggeser layar ke bawah.

Setelah menemukan ikon Wireless PowerShare, kamu tinggal mengaktifkannya dan mengikuti instruksi lebih lanjut. Namun sebelum mengisi daya perangkat lain, perangkat Galaxy S10 Plus lebih dulu sudah terisi di atas 30 persen.

Begitu semuanya siap, kamu tinggal meletakkan perangkat yang ingin diisi di bagian belakang Galaxy S10 Plus. Apabila dirasa cukup, tinggal memisahkan perangkat dari Galaxy S10 Plus.

Fitur ini nantinya akan mati secara otomatis setelah mendeteksi tidak ada perangkat yang diisi selama 30 detik. Jadi, kamu juga tidak perlu repot untuk mematikannya secara manual.

2 of 3

Kemampuan Wireless PowerShare Galaxy S10 Plus

Samsung Galaxy S10 Plus
Fitur Wireless PowerShare yang ada di Samsung Galaxy S10 Plus (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sekadar informasi, Wireless PowerShare memiliki keluaran daya 4,5W yang terbilang tidak terlalu cepat. Karenanya, smartphone yang diisi daya menggunakan Galaxy S10 Plus sedikit membutuhkan waktu lebih lama.

Sementara untuk aksesoris seperti Galaxy Buds atau Galaxy Watch Active, fitur ini terbilang cukup membantu, terutama di beberapa kondisi yang membutuhkan pengisian daya sesegera mungkin.

Contohnya, saat Galaxy Watch Active berada dalam kondisi baterai 0 persen, Wireless PowerShare jelas sangat membantu untuk membuatnya tetap menyala sementara waktu.

Akhir kata, fitur Wireless PowerShare harus diakui merupakan fitur yang cukup membantu di saat genting, terutama bagi kamu yang banyak menggunakan aksesoris smartphone tambahan, seperti smarwatch atau earphone nirkabel yang mendukung teknologi Qi-charging.

Alasannya, Galaxy S10 Plus dapat menjadi alternatif pengisian daya di saat aksesoris tersebut ingin digunakan, tapi dengan kapasitas baterai minim, setidaknya hingga menemukan sumber daya utama.

3 of 3

Spesifikasi Galaxy S10 Plus

Samsung
Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Berikut ini merupakan spesifikasi singkat dari Galaxy S10 Plus :

Layar: Dynamic AMOLED 6.4 inci (88.9% screen-to-body ratio)

Resolusi 1440 x 3040 pixels, 19:9 rasio

OS: Android 9.0 (Pie), One UI

Memori: internal dan RAM 1TB/12GB, dan 128/512GB, 8GB

Tiga kamera belakang: - 12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 16 MP (ultrawide)

Dua kamera depan: - 10 MP (wide), 8 MP (wide)

Baterai: Li-Ion 4100mAh

Fitur: - Sensor sidik jari di bawah layar

- Wireless PowerShare

- Bixby

- Heart rate sensor

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓