Sukses

Daftar Akun Twitter dan Tagar Paling Populer di Pemilu 2019

Berikut ini daftar akun Twitter dan tagar paling populer sepanjang Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa Pemilu 2019, masyarakat Indonesia banyak yang menuju media sosial, terutama Twitter untuk membicarakan dan mencari informasi terkait pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Dalam hal ini, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mendominasi percakapan di Twitter sebanyak 51 persen, sedangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebanyak 49 persen.

Dari memberikan dukungan untuk kandidat, mencari informasi terkini, hingga membicarakan beragam isu politik dan melakukan cek fakta; Twitter menjadi salah satu platform pilihan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi dan mengkonsumsi konten politik.

Menurut informasi yang Tekno Liputan6.com terima dari Twitter, Jumat (26/4/2019), selain akun para paslon, berikut adalah akun yang juga banyak dibicarakan di Twitter terkait dengan Pemilu 2019.

Akun Twitter paling populer di Pemilu 2019.Dok: Twitter

Berbagai tagar khusus seputar pemilu juga menghiasi linimasa Twitter di Indonesia. Berikut adalah beberapa tagar paling populer di Twitter sejak masa kampanye dimulai 23 September 2018 hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara.

Tagar paling populer di Pemilu 2019.Dok: Twitter

Pada pemilu kali ini, masyarakat juga memilih anggota legislatif yang akan duduk di DPR, DPRD, dan DPD. Selama masa Pemilu 2019, para politisi dan partai politik menggunakan Twitter untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan sebaliknya.

14 partai politik berpartisipasi dalam pemilu kali ini dan berikut adalah partai politik yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Parpol paling populer di Pemilu 2019.Dok: Twitter

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

124 Juta Tweet Ramaikan Pemilu 2019

Di sisi lain, ada lebih dari 124 juta tweet seputar Pemilu 2019. Tweet itu berasal dari hari pertama masa kampanye (23 September 2018) hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara (24 April 2019).

Dari catatan Twitter, jumlah ini meningkat 30 persen dari jumlah tweet yang dihasilkan pada Pemilu 2014.

Saat hari pemungutan suara, terdapat 3,1 juta tweet dari masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia yang aktif berbagi pengalaman dan mencari informasi di Twitter.

"Puncak percakapan terjadi sekitar 17.00-18.00 WIB, dengan lebih dari 220 ribu tweet per menit, tidak lama setelah kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden menggelar konferensi pers," tulis Twitter dalam keterangannya.

Data Twitter juga menunjukkan tweet paling populer dengan tagar Pemilu 2019 berasal dari @zefaniadiani. Tweet itu berisi ucapan terima kasih pada para pekerja pengantar suara di berbagai pelosok Tanah Air.

3 dari 3 halaman

Pemilu 2019 Menggema di Penjuru Dunia

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (17/4/2019), Indonesia trending topic dimeriahkan oleh berbagai tagar terkait Pemilu.

Bahkan, #Pemilu2019 tidak hanya menduduki peringkat teratas Indonesia trends, tapi juga dunia atau Worldwide trend.

Selain itu, juga ada tagar populer lainnya di Indonesia trends termasuk #SiapapunPresidennya dan #IndonesiaMemilih. Berikut beberapa kicauan warganet terkait Pemilu 2019:

"Happy election day!!! Voted for a better future #Pemilu2019," tulis pengguna Twitter dengan akun @Tryasyaharani34.

"#SiapapunPresidennya yang penting berakhir damai, jangan sampe ada kerusuhan sana-sini. Jadilah pemilih dan timses yang cerdas!! #AkuSudahMemilih #IndonesiaMemilih #IndonesiaElection2019 #Pemilu2019," kicau @Rismaputuputu.

"#SiapapunPresidennya nanti, hanya bisa berharap yang terbaik untuk Indonesia. Jika sudah terpilih nanti, jangan kecewakan rakyat, jangan hilangkan kepercayaan rakyat, dan jangan biarkan air mata rakyat mengalir karena kepemimpinan anda. pak @jokowi dan pak @prabowo," tulis @ShafaaKamiila.

(Isk/Ysl))

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.