Sukses

4G Indosat Ooredoo Tembus hingga 104 Mbps di Banjarmasin

Performa 4G di Banjarmasin dinilai sangat baik. Untuk kecepatan maksimal 4G, Indosat Ooredoo mencatat kecepatannya bisa tembus hingga 104 Mbps.

Liputan6.com, Banjarmasin - Indosat Ooredoo baru saja menyelesaikan uji jaringan (drive test) serentak di lima kota besar di Indonesia. Adapun kota yang dimaksud mulai dari Padang, Solo, Banjarmasin, Makassar, hingga Malang. 

Tekno Liputan6.com, berkesempatan mengikuti uji jaringan yang berlangsung di Banjarmasin selama dua hari, pada 25-26 April 2019.

Uji jaringan diadakan di kota Banjarmasin. Kami melewati beberapa titik yang menjadi pusat keramaian. Adapun rute yang dilewati dari Bandara Syamsudin Noor - Kota Banjarmasin - Soto Banjar Bang Amat - Masjid Sabilal - Patung Bekantan - Duta Mall - Tree Park Hotel. 

Selama uji jaringan, dilakukan sejumlah metode pengujian, mulai dari data dan suara, 4G coverage, streaming YouTube, dan video call.

Menariknya, performa 4G di Banjarmasin dinilai sangat baik. Untuk kecepatan maksimal 4G, Indosat Ooredoo mencatat kecepatannya bisa tembus hingga 104 Mbps.

“Kita lakukan drive test dari Bandara pukul setengah 10 pagi sampai setengah 1 siang dengan total perjalanan 10 kilometer dengan mengunjungi beberapa tempat keramaian. Khusus di Patung Bekantan, kecepatan download-nya bisa tembus hingga 104 Mbps,” ujar Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo, Yusuf Setiawan di Banjarmasin.

Sementara untuk pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score), ditunjukkan kalau 4,47 persen area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat sempurna (maksimum skor di mana nilai MOS 4-5).

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 mencetak kualitas sempurna.

Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kualitas 4G di Kota Besar Lainnya

Sekadar diketahui, performa 4G Indosat Ooredoo di kota-kota besar lainnya juga tercatat sangat baik. 

Kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps.

Selain Banjarmasin, kecepatan download di Losari Makassar bisa tembus hingga 93 Mbps, sedangkan di kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo bisa melesat sampai 76,5 Mbps, kawasan alun-alun Malang bisa melejit hingga 62,7 Mbps, dan kawasan gunung Padang mencapai 89,7 Mbps.

3 dari 3 halaman

Trafik Ramadan Bakal Lebih Ramai

Yusuf juga memprediksi pada Ramadan tahun ini, trafik data Indosat Ooredoo akan lebih ramai. Pihaknya juga telah merampungkan tambahan kapasitas pada Mei 2019.

"Kalau kami lihat dua minggu terakhir naiknya bisa double," imbuh Yusuf.

Adapun dirinya mengungkap kalau ada perbedaan uji jaringan kali ini dengan uji jaringan tahun lalu. Pada tahun lalu, uji coba jaringan cuma berfokus pada satu titik yang ada di satu kota.

Namun, untuk saat ini uji jaringan menyebar kelima kota yang menjadi tujuan mudik paling besar di beberapa pulau.

"Kami pisah ke beberapa wilayah di pulau-pulau besar, kalau Sumatera di Padang, Sulawesi di Makassar, Kalimantan di Banjarmasin, dan Jawa Tengah ada Solo, dan Jawa Timur di Malang. Kami memang memprioritaskan luar pulau Jawa," kata dia.

Untuk mengetahui hasil uji jaringan Indosat Ooredoo di Banjarmasin, ikuti terus laporan lengkap dari Tekno Liputan6.com.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.