Sukses

Aplikasi Video Call Google Duo Kebagian 4 Fitur Baru, Apa Saja?

Google meluncurkan empat fitur baru untuk pengguna Google Duo di Indonesia, apa saja fitur tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Percakapan video kini jadi primadona bagi pengguna smartphone ketimbang sekadar percakapan suara.

Google dalam studi panel 2018 tentang kebiasaan video call menyebut, 75 persen warganet berusia 18 tahun ke atas memilih video call karena ingin melihat ekspresi dan visual lawan bicaranya.

Indonesia, menurut studi tersebut, berada di peringkat ketiga dari pengguna Google Duo secara global. Durasi percakapan video pengguna lewat Google Duo pun cukup tinggi.

Nah, data studi yang sama, rupanya 48 persen orang melakukan video call dengan pasangan dan 40 persen dengan keluarga. Hal ini menunjukkan pentingnya video call, apalagi di momen seperti Ramadan.

Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria, memahami betapa pentingnya video call bagi pengguna di Indonesia, terutama saat Ramadan.

"Maka dari itu kami meluncurkan 4 fitur terbaru untuk percakapan video yang lebih bermakna, lewat berbagai perangkat, dan dari mana saja mereka berada," tutur Fibriyani seperti dikutip dari keterangan resmi Google, Jumat (26/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Video Call Grup

Adapun ke-4 fitur baru pada Google Duo antara lain adalah:

1. Grup Video Call

Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang kebagian fitur Grup Video Call. Negara lain yang juga kebagian adalah Kolombia dan Peru.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih maksimal 4 orang yang bergabung dalam grup video call Duo. Fitur ini bisa dipakai oleh pengguna di Android dan iOS.

Google juga mengembangkan kemampuan video call dengan 8 partisipan dan kabarnya bakal segera dirilis kemudian.

3 dari 4 halaman

2. Hemat Kuota

Duo sejak awal dirancang untuk memberi pengalaman komunikasi cepat dan tidak merepotkan. Oleh karenanya, video call di Duo bisa terhubung dengan dengan cepat meski dalam koneksi yang lambat.

Kini, dengan setting-an hemat kuota, pengguna bisa menikmati video call tanpa perlu khawatir tentang penggunaan kuota data smartphone.

Hemat kuota akan aktif bukan hanya untuk pengguna yang sudah mengaturnya di setting, tetapi juga untuk penerima telepon.

3. Duo For Web

Kini, pengguna Google Duo bisa saling terhubung lewat video call dengan berbagai perangkat melalui Google Duo for Web.

Pengguna hanya perlu mengakses ke web duo.google.com.

4 dari 4 halaman

4. Pesan Video

Pengguna Duo kini bisa meninggalkan pesan video jika orang yang ditelepon tidak menjawab.

Dengan pesan video ini, mereka bisa merekam, kemudian menambahkan gambar serta tulisan untuk membuatnya lebih personal.

Kendati begitu, perlu diketahui saat ini keempat fitur terbaru Google Duo ini baru tersedia untuk pengguna Android.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.