Nintendo Bakal Rilis Switch Versi Murah Pertengahan 2019

Oleh Agustinus Mario Damar pada 25 Apr 2019, 11:00 WIB
Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo disebut-sebut akan merilis Switch versi murah pada tahun ini. Menurut laporan terbaru dari Bloomberg, model Switch ini akan dirilis pada pertengahan 2019.

Dikutip dari Polygon, Kamis (25/4/2019), konsol hybrid ini diprediksi akan meluncur di pasaran pada Juni mendatang. Namun, belum diketahui perbedaan spesifikasi maupun harga dari varian anyar itu.

Sekadar informasi, Nintendo Switch versi biasa dibanderol dengan harga USD 299 atau sekitar Rp 4,2 juta. Karenanya, harga konsol Switch versi Lite ini besar kemungkinan dibanderol dengan harga lebih murah.

Selain merilis varian Switch yang lebih murah, Nintendo juga disebut akan melakukan peningkatan kemampuan untuk varian Switch yang saat ini sudah dijual. Meski belum diungkap pasti, peningkatan itu akan dilakukan tahun ini.

Kabar mengenai varian terbaru dari Switch ini sebenarnya sudah diketahui sejak tahun lalu. Saat itu, disebutkan Nintendo berencana menghadirkan Switch yang mendukung layar berkualitas lebih tinggi.

Akan tetapi, laporan lebih lanjut menyebut Nintendo lebih memilih untuk mengembangkan Switch dengan harga lebih terjangkau. Kabarnya, perusahaan asal Jepang itu akan mengumumkan model ini pada gelaran E3 2019. 

2 of 3

Versi Murah Nintendo Switch

Nintendo Switch
Spesifikasi Nintendo Switch akhirnya terungkap. (Sumber: Polygon)

Nintendo dilaporkan memiliki rencana untuk meluncurkan model Switch terbaru pada tahun ini. Menurut laporan Nikkei, model anyar ini merupakan varian yang lebih kecil dan murah.

Untuk mengembangkan konsol ini, seperti dikutip dari The Verge, Nintendo sudah bekerja sama dengan sejumlah pemasok dan perusahaan developer gim. Kabarnya, konsol ini akan meluncur pada awal 2019.

Mengingat hadir sebagai konsol yang lebih murah, Nintendo disebut akan menghapus sejumlah fitur yang ada di Switch standar. Salah satunya dock yang dipakai menghubungkan konsol dengan TV.

Oleh sebab itu, konsol ini akan tampil lebih portabel dan mudah digunakan di luar ruangan. Selain itu, konsol ini juga kemungkinan besar tidak akan memakai kartrid untuk bermain gim.

Nintendo disebut lebih memilih konten gim berbasis online yang dapat diunduh, alih-alih gim fisik. Sayang, Nintendo hingga saat ini belum memberikan informasi resmi terkait konsol anyar ini.

Untuk diketahui, Switch merupakan salah satu paling laris yang dirilis Nintendo dalam setahun terakhir. Karenanya, kehadiran konsol anyar ini menjadi cara Nintendo menjaga momentum penjualan konsol hybrid tersebut.

Terlebih, perusahaan asal Jepang itu sudah mengurangi produksi Switch standar untuk tahun fiskal saat ini. Selain itu, ada kemungkinan Nintendo ingin menjangkau lebih banyak pemain dengan varian murah ini.

3 of 3

Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris di AS

Nintendo Switch
Final Fantasy XIV di Nintendo Switch. (Foto: Gamespot)

Diketahui, Nintendo telah menjual 19,67 juta unit konsol Switch per 30 Juni 2018. Raksasa teknologi asal Jepang itu juga memprediksi masih akan menjual 20 juta unit konsol per April 2018 hingga Maret 2019 mendatang. 

Dengan banyaknya konsol yang terjual, firma riset pasar NPD Group juga mengklaim performa penjualan Nintendo Switch di Amerika Serikat (AS) sangat gemilang.

Dilansir Ubergizmo, Kamis (20/12/2018), Nintendo Switch diaku sebagai salah satu konsol terlaris di Negeri Paman Sam, dengan penjualan yang begitu agresif.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓