Watch Active, Aksesori Perfek Bagi Pengguna Galaxy S10 Plus yang Aktif

Oleh Yuslianson pada 24 Apr 2019, 18:00 WIB
Samsung Galaxy Watch Active

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran trio Galaxy S10 dalam acara khusus Galaxy Upacked 2019 di San Francisco, Amerika Serikat, Samsung juga merilis sebuah perangkat smartwatch bernama Galaxy Watch Active.

Hadir sebagai keluarga terbaru dari seri Samsung Gear Sport, smartwatch ini berfungsi untuk menjaga kamu tetap aktif dan sehat.

Menariknya, Galaxy Watch Active ini dapat berfungsi optimal bila dipasangkan dengan smartphone terbaru Samsung, yakni Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e.

Meski memiliki bentuk yang lebih ramping dan harga lebih murah dari dua seri Galaxy Watch sebelumnya, Samsung tidak ingin memangkas kemampuan dan fitur di Galaxy Watch Active ini.

Samsung pun sudah menyematkan teknologi GPS, swim tracking, pendeteksi detak jantung, dukungan Samsung Pay, dan memiliki baterai yang mampu bertahan hingga dua hari.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk me-review produk Galaxy Watch Active ini. Berikut ulasan singkatnya.

2 of 6

Desain

Samsung Galaxy Watch Active. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Galaxy Watch Active memiliki bentuk lingkaran berdiameter 40mm dan layar AMOLED berukuran 1.1 inci (360x360 piksel).

Meski memiliki ukuran lingkar dan desain yang berbeda dari Galaxy Watch, Watch Active memiliki berat yang lebih ringan ketimbang seri Galaxy Watch yang paling kecil sekalipun.

Karena lebih ringan dan kecil, Galaxy Watch Active terasa cukup nyaman terpasang di pergelangan tangan.

Kedua tombol yang ada di sisi kanan bodi smartwatch pun hampir rata, dan dipastikan tidak akan tertekan secara tidak sengaja saat kamu sedang push upsquat, atau pun aktivitas olahraga lainnya.

Karena tidak memiliki frame yang bisa diputar--seperti Galaxy Watch, kamu berarti harus menyapu layar untuk bernavigasi di smartwatch yang berbasis sistem operasi Tizen.

Kamu pun dapat menambahkan sejumlah shortcut aplikasi yang sudah didukung dan terintegrasi di dalam smartwatch, seperti Spotify, Samsung Pay, Calender, Phone, dan masih banyak lagi.

3 of 6

Fitur

Fitur kebugaran yang lengkap. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Menariknya, Samsung menyematkan sebuah microphone ke dalam Galaxy Watch Active. Alhasil, kamu dapat menjawab atau melakukan panggilan menggunakan smartwatch.

Sayangnya, kamu tidak akan menemukan speaker di dalamnya. Hanya saja, kamu membutuhkan smartphone yang sudah terhubung dengan Galaxy Watch Active agar dapat mendengarkan suara lawan bicara.

Hal serupa juga demikian bila kamu ingin menggunakan Bixby. Asisten pribadi milik Samsung ini akan berfungsi maksimal jika dihubungkan dengan smartphone Samsung terbaru, seperti Galaxy S10, S10 Plus, atau pun S10e.

4 of 6

Pelacak Kebugaran

Tersinkronisasi dengan Samsung Galaxy Watch Active. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tak hanya itu, perusahaan asal Negeri Gingseng itu juga menyematkan beragam fitur pendukung olahraga yang sangat lengkap.

Perangkat ini sudah dibekali berbagai sensor yang mampu mendeteksi kondisi vital penggunanya.

Salah satu fitur mencolok yang ditawarkan Samsung adalah pelacak kebugaran. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui rincian aktivitas harian, berapa kalori yang dibakar, dan berapa lama berolahraga.

Fitur lainnya adalah pendeteksi langkah kaki, berapa banyak tangga yang dinaiki, deteksi detak jantung, sampai ke deteksi level stres.

Smartwatch ini juga mendeteksi jantung saat kamu tengah berpacu. Secara otomatis jam ini akan mengingatkan pengguna agar lebih rileks.

5 of 6

Samsung Health

Deteksi pola tidur dan stress lewat aplikasi Samsung Health. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lebih lanjut, pengguna juga dapat melihat informasi yang tampil di smartwatch lebih lengkap lagi melalui aplikasi Samsung Health.

Informasi yang ditampilkan saat pengguna membuka Samsung Health antara lain adalah kalori tubuh, banyaknya langkah kaki, dan jumlah lantai yang didaki saat menaiki gedung.

Pada aplikasi ini juga terpampang waktu aktif (berjalan, bergerak, berlari), tidur, detak jantung, tingkat stres, berapa banyak gelas air putih yang diminum, serta berapa banyak gelas kafein yang dikonsumsi.

Galaxy Watch Active juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC (near field communication) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran.

Cara pakainya, kamu bisa membuka aplikasi Samsung Pay yang ada di Galaxy Watch Active, kemudian menekan tombol yang ada di bagian atas (tombol back), lalu perangkat pun akan meminta izin untuk memasang aplikasi Samsung Pay di smartphone.

Sayang, untuk sementara Samsung Pay masih belum terintegrasi dengan Galaxy S10. Namun, fitur pembayaran ini sudah bisa terhubung ke smartphone seri Galaxy A10, A20, A30, dan A50.  

6 of 6

Kesimpulan

Galaxy Watch Active beroperasi maksimal dengan Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan banderol Rp 3,5 juta, Galaxy Watch Active menawarkan sejumlah fitur yang sangat lengkap dan menjadi pesaing utama Apple Watch.

Dari sisi hardware, smartwatch milik Samsung ini memang cukup dapat diandalkan.

Hanya saja, baterai yang cepat habis dan beberapa fitur yang masih nge-bug--saat pengujian--dapat menjadi "batu sandungan" Samsung untuk memasarkan perangkat untuk pecinta olahraga.

Kelebihan:

- Ringan dan nyaman di pergelangan tangan saat sedang dipakai untuk olahraga

- Minimalis dan stylish

- Layar AMOLED yang tajam

- Mendukung Samsung Pay via NFC

- OS Tizen yang mulus tanpa lag

Kekurangan:

- Pendeteksi tekanan darah kurang konsisten

- Proses pengisian baterai lambat

- Tidak ada fitur "Always On"

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓