Tim Esports Indonesia Libas Trofi Juara PES League Asia Finals

Oleh Yuslianson pada 22 Apr 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 23 Apr 2019, 10:15 WIB
PES League

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah esports internasional. Tim PES Garuda, mampu tampil memukai dalam ajang PES League Asia Finals.

Berlangsung di Tokyo, Jepang, pada akhir pekan lalu, tim Indonesia berhasil menyabet trofi dalam 2 kategori yang dipertandingkan, yakni 1v1 dan co-op 3v3.

Diperkuat oleh Rizki Faidan, Rio Dwi Septiawan, dan Muchamad Lucky Ma'arif, tim PES Garuda (WANI) berhasil menumbangkan tim asal Jepang, Beginners di partai final.

Dalam pertandingan yang panas, tim WANI berhasil mengantarkan Indonesia merengkuh trofinya di kategori co-op dengan skor 3-2, sebagaimana dilansir Esports.id, Senin (22/4/2019).

Kehebatan Rizki kembali diuji dalam pertandingan PES League Asia Finals ini. Setelah menang di co-op, ia harus berhadapan dengan pemain asal Jepang, Mayageka.

Kedua pemain sama sekali tidak ingin kalah. Sempat saling kejar skor, Rizki berhasil keluar sebagai juara kategori 1v1 setelah mengamankan 1 gol di menit ke-75, dengan skor akhir 3-2.

Sabet dua trofi di turnamen PES League Asia Finals. (Doc: @Liga1PES)

Dengan dua kemenangan tersebut, Indonesia memastikan diri sebagai wakil region Asia untuk berlaga di turnamen esports PES League World Finals.

Pada turnamen tersebut, Indonesia bakal bertarung melawan perwakilan tim PES dari regional Eropa dan Amerika.

2 dari 3 halaman

Rizky Faidan Juarai Turnamen Esports PES se-Asia Tenggara

Rizky Faidan (tengah) meraih gelar PES Finals Asia Tenggara 2019 (FOTO / Benjamin)

Talenta muda Indonesia kembali menorehkan sejarah di dalam dunia esports internasional.

Adalah Rizky Faidan, pemuda asal Bandung, Jawa Barat berhasil menjuarai turnamen esports Pro Evolution Soccer (PES) Asia Tenggara, di Thailand.

Berlangsung di Thailand E-Sports Arena pada akhir pekan lalu, Rizky berhasil menundukkan pemain pro PES asal Vietnam, Jesus, dalam babak penentuan yang 'panas'.

Pada laga penentuan tersebut, Rizky secara dramatis memenangkan turnamen esports itu melalui babak adu penalti. Jadi juara, ia berhak mengantongi uang hadiah sebesar 50 ribu baht atau sekitar Rp 22 juta.

"Semua ini berasal dari kerja keras, dan saya senang dapat memberikan penampilan terbaik untuk Indonesia. Ini awal kompetisi esports yang bagus pada 2019," ucapnya, sebagaimana dikutip dari Bola.com, Selasa (5/3/2019). 

3 dari 3 halaman

Sosok Rizky Faidan

Cover Pro Evolution Soccer (PES) 2019. (dok. konami)

Rizky Faidan memang bukan pemain baru di kancah PES Indonesia. Diketahui, ia sudah mencetak beberapa prestasi mengesankan, seperti Champion Mini Tournament PES 2017, Champion PES 2018 Kuala Lumpur, Malaysia sampai Pemenang kualifikasi nasional Indonesia untuk Asian Games 2018.

Rizky Faidan sendiri sempat menjadi kontroversi terkait wakil Indonesia di pentas Asian Games 2018. Kala itu, ia sempat dilarang bermain karena tak memenuhi syarat usia minimal bagi atlet esports profesional yang boleh bermain.

(Ysl/Jek)

Lanjutkan Membaca ↓