Nikkei: Nintendo Switch Versi Mini dan Murah Bakal Rilis Tahun Ini

Oleh Yuslianson pada 19 Apr 2019, 08:00 WIB
Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo tengah bersiap untuk meluncurkan tipe terbaru konsol gaming portable-nya, yakni Switch.

Sebelumnya, Nintendo akan meluncurkan dua varian baru Switch--harga lebih murah atau memiliki hardware baru--pada musim panas tahun ini.

Sebagai dikutip dari laporan terbaru surat kabar jepang, Nikkei, Jumat (19/4/2019), salah satu konsol Switch yang bakal dirilis akan memiliki bodi yang lebih kecil.

Walau memiliki bodi perangkat lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana, Nikkei juga menyebutkan, Nintendo akan mempertahankan kemampuan konsol agar tetap bisa terhubung ke TV.

Sementara itu, Nikkei juga mengonfirmasi Nintendo Switch dengan spesifikasi tinggi kemungkinan tidak akan meluncur di pasaran tahun ini.

 

2 of 3

Dua Tipe Konsol Switch Baru

Tips cara pindahkan data gim Nintendo Switch ke microSD. (Liputan6.com/ Iskandar)

Nintendo kini tengah menggarap dua tipe konsol gaming portabel-nya, yakni Nintendo Switch. Kemungkinan, konsol gim ini bakal dirilis setidaknya pada musim panas tahun ini.

Dalam laporan yang ditulis The Wall Street Journal disebutkan, salah satu tipe Switch merupakan varian yang harganya lebih murah.

Sementara, perangkat lainnya digadang-gadang akan memiliki fitur yang "disempurnakan dan ditargetkan bagi video gamer."

Mengutip laporan The Verge, Rabu (27/3/2019), model Switch yang harganya lebih murah akan menghilangkan fitur getaran.

Hal ini menunjukkan Switch versi murah ini tidak akan dibekali dengan pengendali Joy-Con yang bisa dilepas. Model ini akan menjadi penerus dari Nintendo 3DS.

Laporan Nikkei pada awal tahun menyebut, Nintendo berencana merilis Switch yang lebih kecil dan berfokus pada portabilitas.

3 of 3

Tak Ada Informasi untuk Model Switch yang Lebih Mahal

Final Fantasy XIV di Nintendo Switch. (Foto: Gamespot)

Sejauh ini laporan tersebut belum menyebutkan hal apapun terkait dengan model yang lebih mahal.

Namun seorang sumber mengatakan, akan ada lebih banyak revisi ketimbang peningkatan kinerja sederhana di versi mahal.

Meski begitu tentunya ada perbaikan fitur dan kinerja untuk Switch dibandingkan pendahulunya.

Switch menggunakan prosesor Tegra X1 Nvidia yang sudah berusia empat tahun. Jika Nvidia ingin kembali ke pengembangan chip smartphone untuk Nintendo, Nvidia bisa memperoleh keuntungan besar dalam hal daya dan efisiensi.

(Ysl/Jek)

Lanjutkan Membaca ↓