Sukses

Huawei Tak Akan Jual Modem 5G kepada Apple

Huawei membantah laporan yang menyebutkan pihaknya akan menjual modem 5G kepada Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei membantah laporan yang menyebutkan pihaknya akan menjual modem 5G kepada Apple.

Perusahaan mengatakan, sejauh ini tidak ada komunikasi dengan Apple mengenai modem 5G.

"Kami tidak memiliki perubahan soal strategi chipset kami, dan tidak ada komunikasi dengan Apple mengenai modem 5G," ungkap perwakilan Huawei dalam sebuah sesi tanya jawab, seperti dikutip dari GSM Arena, Sabtu (20/4/2019).

Huawei saat ini memiliki modem 5 bernama Balong 5000, dan digunakan oleh smartphone lipatnya, Mate X.

Sejauh ini, Huawei belum berencana menjual modem tersebut, juga chipset Kirin, kepada vendor lain.

Peluncuran iPhone 5G dilaporkan akan tertunda lantaran Apple belum memiliki suplai modem 5G. Penyuplai modem 4G [Apple ]( 3938018 "") yang ada sekarang tidak bisa menjadi opsi untuk 5G.

Apple sendiri dilaporkan sedang menyiapkan modem buatannya, tapi akan membutuhkan waktu pengembangan selama beberapa tahun.

Jika tidak ada kesepakatan yang dicapai dalam waktu dekat ini, maka iPhone pertama yang kompatibel dengan jaringan 5G, baru akan hadir pada 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qualcomm dan Samsung Tak Akan Jual Modem 5G kepada Apple

Qualcomm dan Samsung dilaporkan tidak akan menyuplai modem 5G untuk Apple. Mengingat perang paten antara Apple dan Qualcomm, maka hal tersebut tidak terlalu mengejutkan.

Samsung memiliki alasan lain. Perusahaan asal Negeri Ginseng ini tidak memiliki suplai model 5G Exynos 5100 yang cukup. J

ika Samsung bisa meningkatkan kapasitas produksi, perusahaan bisa memiliki posisi kuat bernegosiasi soal harga dengan Apple.

Namun, Apple disebut kerap menekan para penyuplai agar bisa mendapatkan margin yang lebih baik.

Sumber modem wireless Apple saat ini, Intel, belum memiliki modem 5G. Modem 5G, Intel XMM 8160, diprediksi baru siap pada 2020. Jika demikian, modem tersebut tidak akan ada pada iPhone 2019.

3 dari 3 halaman

Opsi Vendor Modem Lain

Saat ini, ada beberapa vendor lain sudah memiliki modem 5G, seperti Huawei dengan model Balong 5000. Selain itu juga ada UniSOC atau Spreadtrum juga sedang mengerjakan sebuah modem 5G, tapi belum jelas pengembangannya sejauh mana.

Mengingat berbagai pertimbangan di atas, hal ini disebut menjadi peluang bagi MediaTek, yang berusaha agar modem Helio M70 bisa mendarat di iPhone.

Namun menurut analis UBS, Timothy Arcuri, chip MediaTek belum bisa memenuhi standar Apple, dan Samsung juga merupakan pilihan yang mustahil.

Lebih buruk lagi, Arcuri dalam laporannya menyebutkan kerangka waktu Intel untuk modem 5G, akan terlambat agar bisa hadir di dalam iPhone pada 2020. Jika mengingat jadwal peluncuran sekali setahun, dan tidak ada suplai modem 5G, maka iPhone pertama yang kompatibel dengan 5G baru akan ada pada 2021.

(Din/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.