iOS 13 Bakal Usung Modus Night Mode

Oleh Agustinus Mario Damar pada 18 Apr 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 09:14 WIB
iOS 12

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan tengah menyiapkan iOS versi terbaru. Bocoran seputar fitur yang diusung sistem operasi ini juga sempat diungkap dari laporan 9to5mac.

Dikutip Tech Crunch, Kamis (18/4/2019), beberapa fitur yang akan tersedia di update kali ini adalah universal dark mode, gestur baru, hingga perubahan visual.

Berdasarkan laporan, dark mode dalam iOS akan memiliki kemampuan seperti fitur serupa yang ada di macOs Mojave. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dari Settings.

Saat fitur ini diaktifkan, aplikasi yang sudah mendukungnya ini akan berubah menjadi dark mode begitu dibuka. Namun, belum diketahui apakah fitur ini juga mendukung aplikasi non-Apple.

Perubahan lain yang juga dihadirkan Apple dalam iOS kali ini adalah memungkinkan pengguna untuk membuka banyak windows dalam satu aplikasi di iPad.

Selain itu, peningkatan yang dilakukan Apple dalam iOS ini adalah penggunaan berbasis gestur.

Di iOS 13, pengguna disebut dapat menghapus teks di keyboard dengan menyapu tiga jari di layar. Cara ini akan menggantikan gestur getar yang ada saat ini.

Apple juga mempermudah pengguna memilih beberapa item dalam tampilan baris atau tabel. Pengguna tinggal membuat persegi panjang di item yang ingin dipilih.

Metode ini sebenarnya mirip dengan yang ada di macOS. Terakhir, Apple turut mengubah tampilan popup volume yang ada di iOS versi terbaru ini.

2 of 4

Ini Deretan iPhone yang Tak Bakal Kebagian Update iOS 13

Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max
IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple kabarnya bakal menghentikan dukungan update iOS untuk perangkat yang lebih tua dari iPhone 7.

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari Indian Express, Senin (4/2/2019), update iOS terbaru tak akan ada di sejumlah perangkat iPhone lawas.

iPhone yang tak lagi kebagian update iOS 13 antara lain adalah iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, dan iPhone 6s Plus.

Tidak hanya iPhone, ada juga perangkat iPad yang dilaporkan tidak akan kebagian update iOS 13.

iPad yang tak lagi mendapatkan pembaruan iOS 13 adalah iPad mini 2, iPad mini 3, iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 4, dan iPod touch generasi keenam.

Sekadar informasi, ketika Apple menggulirkan pembaruan iOS 12 pada Semptember tahun lalu, seluruh iPhone yang bisa menjalankan iOS 11 bisa diperbarui ke iOS 12.

Oleh karenanya, jika Apple merencanakan perubahan dramatis untuk iOS dengan syarat prosesornya di atas A9 (yang dipakai pada iPhone 6s), cukup masuk akal bagi perusahaan untuk meninggalkan perangkat-perangkat yang lebih tua dari iPhone 7.

3 of 4

Mulai Chipset A9 Tak Kebagian iOS 13

Emoji
Memoji, fitur baru di iOS 12. (Foto: Apple)

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus memang dibekali dengan chipset A9, sedangkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ditenagai oleh chipset Apple A8. Lain lagi dengan iPhone 5s yang ditenagai versi chipset yang lebih lawas, yakni A7.

Kini, dengan kemungkinan hadirnya iOS 13, tampaknya Apple ingin lebih memprioritaskan update bagi iPhone yang lebih modern.

Tidak hanya ingin meninggalkan iPhone lawas di belakang, kemungkinan Apple juga akan membatasi fitur-fitur iOS 13 hanya ada di perangkat yang dianggap high-end.

Mengutip laporan Bloomberg, Apple akan menghadirkan fitur Dark Mode pada iOS 13.

Sayangnya, tidak jelas apakah perusahaan rintisan Steve Jobs itu akan menyajikan fitur Dark Mode ini untuk setiap iPhone yang menerima update iOS 13, atau hanya membatasinya ke perangkat yang menggunakan layar OLED.

(Dam/Jek)

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by