Sukses

1,3 Juta Twit Ramaikan Debat Terakhir Pilpres 2019

Debat kelima ini menjadi penentuan akhir penilaian masyarakat terhadap kedua kandidat Presiden dan Wakil Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter Indonesia melaporkan, ada lebih dari 1,3 juta twit terkait debat terakhir pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dengan hampir 181.000 twit per menit.

Debat kelima ini menjadi penentuan akhir penilaian masyarakat terhadap kedua kandidat Presiden dan Wakil Presiden. 

Debat mengangkat isu-isu meliputi ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Selama acara #DebatPilpres2019 terakhir berlangsung, beberapa tagar silih berganti mewarnai linimasa dan percakapan di Twitter, baik yang terkait dengan respon pengguna Twitter atas jawaban kandidat atau sekadar merangkum berbagai twit ringan yang mengundang tawa.

Berikut ini adalah tagar dan emoji terpopuler selama debat berlangsung semalam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tagar Jokowi Menang Total Debat Ramaikan Twitter

Pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pada malam hari ini akan menjalani debat terakhir Pilpres 2019.

Debat dijadwalkan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, mulai puul 20.00 WIB.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019), tagar #JokowiMenangTotalDebat menduduki posisi lima besar Indonesia trend di Twitter.

Warganet menggunakan tagar itu untuk menyampaikan dukungannya terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, juga ada yang membagikan gambar dan video menggunakan tagar tersebut.

Berikut beberapa twit dengan #JokowiMenangTotalDebat:

"I hope it will be like that. Hopefully goodness will bring victory tonight and next Wednesday. #JokowiMenangTotalDebat," tulis pengguna Twitter dengan akun @heririskianto15.

"Hari ini, malam ini, debat terakhir pasti pak #JokowiMenangTotalDebat," kicau @aryantodwi5.

"We support you Mr. President #JokowiMenangTotalDebat," kicau @KasmanJ.

3 dari 3 halaman

Debat Pamungkas

Debat pamungkas Pilpres 2019 kali ini mengangkat topik tentang ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Debat tersebut dimoderatori Balques Manisang dan Tomy Ristanto, serta sepuluh panelis.

Tentunya, baik kubu Jokowi maupun Prabowo sudah menyiapkan beberapa "jurus pamungkas". Kedua capres ini siap adu gagasan dan program, termasuk mengangkat beberapa isu panas.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, akan ada doa bersama usai perhelatan Debat Kelima Pilpres 2019. Hal itu dilakukan sebagai penutup rangkaian kampanye, sekaligus menandai masa tenang sebelum hari pencoblosan pada 17 April.

Nantinya, doa bersama usai Debat Kelima Pilpres 2019 ini dipimpin oleh tokoh ulama muslim, diikuti para tokoh agama lain.

Momen itu diharapkan menjadi pesan moral, sekaligus kontemplasi atau perenungan bagi seluruh masyarakat bahwa masa kampanye telah berakhir dan saatnya memantapkan pilihan.

(Jek/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.