Sukses

Tidak Sekadar Promo, DANA Ingin Bangun Budaya Cashless di Indonesia

Aplikasi dompet digital DANA menuturkan pihaknya ingin membangun budaya cashless di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, promo yang diberikan merupakan salah satu cara aplikasi pembayaran digital untuk menarik pengguna, tak terkecuali DANA.

Namun aplikasi dompet digital tersebut tidak hanya menggunakan promo sebagai cara menggaet pengguna, tapi membangun budaya cashless.

Menurut Chief Communication Officer DANA, Chrisma Albandjar, beragam promo yang ditawarkan DANA tidak sekadar menarik pengguna, melainkan juga bagian pembelajaran untuk para pengguna.

"Menjadi penting promo itu lebih dari sekadar promo. Jadi, mereka memiliki pengalaman menggunakan DANA, lalu ketika mendapatkan voucher lagi, dia akan memakainya, sehingga orang menjadi terbiasa," tuturnya saat bertemu awak media di Jakarta, Jumat (12/4/2019), kemarin.

Setelah terbiasa, menurut Chrisma, secara tidak langsung hal itu akan mendorong jumlah pengguna. Begitu jumlah pengguna naik, secara bersamaan jumlah merchant yang tertarik untuk memakai DANA akan ikut naik.

"Kalau DANA memang bukan dari jumlah merchant yang ada di mana-mana, tapi jumlah pengguna. Dengan orang lebih banyak yang memakai, merchant yang akan memakainya pun akan lebih banyak," ujar Chrisma menjelaskan.

Dengan begitu, budaya nontunai lambat laun akan terus terbangun di Indonesia. Terlebih, DANA memiliki fitur untuk menyimpan kartu debet atau kredit di aplikasi dan dapat langsung digunakan.

"Fitur ini jelas membuka kesempatan bagi pemilik merchant agar tidak kehilangan pemasukan. Maksudnya, saat pembeli kehabisan uang tunai, mereka dapat langsung menggunakan aplikasi DANA untuk pembayaran, tanpa perlu mesin EDC atau menarik uang tunai di ATM," tuturnya.

Konsep pembayaran ini juga berlaku tidak hanya untuk transaksi dalam toko besar. Chrisma menuturkan dengan konsep DANA yang terbuka, pelaku usaha kecil pun dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mempermudah transaksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promo Dana Sambut Pemilu 2019

Salah satu promo yang juga ditawarkan DANA adalah dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pada 17 April 2019, DANA menawarkan program cashback dan voucher bagi para pengguna.

Program ini akan digelar di mitra merchant DANA yang tersebar, mulai dari gerai kopi, gerai makanan cepat saji, dan restoran. Dalam program ini, DANA akan memberikan cashback 50 persen dengan nilai maksimal Rp 25.000 dan voucher senilai Rp 17.000.

Pengguna DANA dapat mencoba program ini di Kopi Kenangan, KFC, HokBen, Bakmi GM, Wendy's, Domino's Pizza, Sate Khas Senayan, dan Kafe Betawi.

"Dengan promo yang ditawarkan saat Pemilu ini, kami ingin memberikan pengalaman kemudahan bertransaksi dengan DANA," tutur Chrisma.

3 dari 3 halaman

Setahun Berdiri, DANA Kantongi Lebih dari 10 Juta Pengguna

DANA mengklaim telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna selama satu tahun berdiri. Perusahaan teknologi finansial tersebut pun optimistis kalau jumlah penggunanya akan terus mengalami peningkatan sepanjang tahun ini.

“Per Januari ini, kami sudah memiliki lebih dari 10 juta pengguna dengan rata-rata satu juta transaksi setiap hari,” tutur CEO DANA, Vincent Iswara, dalam acara perayaan satu tahun DANA di kawasan Jakarta, Senin (25/3/2019).

Vincent berharap DANA bisa menjadi bagian penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Hal ini sejalan dengan misi perusahaan untuk mendorong pelaku kegiatan ekonomi Tanah Air semakin produktif.

“Misi kami adalah mendorong perekonomian Indonesia yang dari tradisional menjadi modern. Kami berharap mereka semakin produktif dan berdaya saing tinggi, sehingga ekonomi mereka berkembang secara signifikan,” ungkapnya.

Memasuki tahun kedua layanan dompet digital ini, DANA akan terus mengembangkan layanannya. Hal ini termasuk bekerja sama dengan lebih banyak merchant, baik offline maupun online.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.