Galaksi Terjauh Ditemukan

Oleh Liputan6 pada 27 Apr 2012, 17:41 WIB
Diperbarui 27 Apr 2012, 17:41 WIB
091210bhuble.jpg
Liputan6.com, Hawaii: Astronom dari Jepang mengklaim telah menemukan galaksi terjauh dari Bumi dengan jarak 12,72 miliar tahun cahaya. Menggunakan teleskop yang terletak di Hawaii, Amerika Serikat, peneliti mengintip kembali dari titik awal terjadinya Big Bang miliaran tahun lalu. "Hal ini menunjukkan bahwa galaksi telah ada pada tahap awal alam semesta, yaitu sejak 1 hingga 13,7 miliar tahun yang lalu," ungkap tim astronom.

Sebelumnya, peneliti dari NASA telah mengumumkan penemuan galaksi yang jaraknya 13,1 miliar tahun cahaya. Akan tetapi, menurut peneliti dari Jepang, hal ini belum dikonfirmasi kebenarannya. Dengan menggunakan Teleskop Subaru yang terletak di Hawaii, peneliti dari Graduate University of Advanced Studies dan National Astronomical Observatory menemukan cluster galaksi yang diharapkan mampu menjadi petunjuk.

"Kami mengharapkan penemuan ini dapat memberikan petunjuk tentang struktur alam semesta dan bagaimana galaksi berkembang," jelas peneliti. Jika penemuan oleh astronom ini benar adanya, maka ini akan menggeser galaksi XMMXCS J2215.9-1738 yang selama ini masih menjadi galaksi yang terjauh dari Bumi.(NatGeo/ADO)