Warganet Sulap Foto Lubang Hitam Jadi Meme Kocak

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 11 Apr 2019, 11:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2019, 10:13 WIB
Lubang Hitam Supermasif

Liputan6.com, Jakarta - Lubang hitam selama ini selalu jadi sebuah konsep yang tidak benar-benar diketahui bentuk rupanya.

Namun, untuk pertama kalinya dalam sejarah, ilmuwan NASA mengungkap penampakan lubang hitam supermasif dala foto kepada publik.

Menurut informasi, lubang hitam tersebut jaraknya sangat jauh dari Bumi, yakni sekitar 55 juta tahun cahaya.

Ukurannya pun amat besar, yaitu tiga juta kali lebih besar dibandingkan Bumi. Karena ukurannya yang sangat besar, lubang hitam ini dinamai lubang hitam "monster" oleh para ilmuwan.

Alih-alih takjub, sejumlah warganet justru membuat lelucon dalam bentuk cuitan dan meme tentang lubang hitam ini di internet. Salah satunya adalah yang dikicaukan melalui Twitter.

Mengutip laman Elite Daily, Kamis (11/4/2019), sejumlah warganet menyamakan lubang hitam raksasa itu dengan gambar blur hingga donat. Bahkan ada juga yang membuat lelucon lubang hitam dengan lagu hit milik penyanyi Soundgarden "Black Hole Sun".

2 of 4

Cuitan dan Meme Konyol

Ilustrasi lubang hitam raksasa atau supermassive black hole
Ilustrasi lubang hitam raksasa atau supermassive black hole yang berjarak 13 miliar tahun cahaya dari Bumi (Robin Dienel/Carnegie Institution for Science)

Seperti cuitan-cuitan di bawah ini misalnya:

Ilmuwan: Kami mempersembahkan foto pertama penampakan lubang hitam. Ini adalah pencapaian yang sangat penting yang akan membantu kita menyikap misteri alam semesta.

Twitter: Lol, kami akan membuat meme lubang hitam yang bentuknya terlihat aneh itu.

Tidak hanya itu, warganet di bawah ini malah menyamakan penampakan lubang hitam dengan sebuah donat:

Lain lagi dengan warganet di bawah ini, ia malah mengunggah gambar wajah Pikachu yang tengah terkesima dengan foto lubang hitam yang dipublikasikan oleh para ilmuwan. 

3 of 4

Meme Lain

Lubang Hitam
Gambaran lubang hitam dengan kilatan merah yang berhasil ditangkap para astronom (sumber: techtimes.com)

Foto lubang hitam tidak di-approve:

Selanjutnya, malah ada pengguna Twitter yang ingin melemparkan dirinya ke lubang hitam. Ada-ada saja kan ulah warganet?

Kemudian, pengguna Twitter lainnya malah mengomentari foto lubang hitam yang buram seolah resolusinya hanya 144 piksel. 

Ia lalu begurau, seandainya foto lubang hitam itu resolusinya lebih besar 720 piksel, bentuknya bakal mirip dengan donat. 

Nah, warganet di bawah ini malah mengunggah gambar kucing hitam, bukannya lubang hitam.

4 of 4

Penjelasan tentang Lubang Hitam

Ilustrasi lubang hitam 'menelan' bintang
Ilustrasi lubang hitam 'menelan' bintang (NASA/Swift/Aurore Simonnet)

Dikutip BBC pada Kamis (11/4/2019), lubang hitam tersebut diabadikan dari delapan teleskop yang berhubungan dalam Event Horizon Telescope (EHT).

Reino Flacke, ilmuwan dari Radboud University Belanda, yang juga terlibat dalam proyek besar ini, mengungkap kalau lubang hitam tersebut ditemukan di sebuah galaksi bernama M87.

“Apa yang kita lihat ini, ukurannya sangat besar daripada seluruh Tata Surya kita,” katanya. 

“Massanya sendiri 6,5 miliar kali lebih besar daripada Matahari. Lubang hitam ini adalah salah satu lubang hitam terberat yang ada,” tambah Flacke.

“Bertahun-tahun lalu, kami berpikir kami mungkin punya kesempatan membangun teleskop raksasa untuk memburu lubang hitam. Dengan menciptakan teleskop radio di seluruh dunia untuk bekerja bersamaan dalam satu instrumen, bukanlah tugas mudah. Dan kini, kami berhasil mendapatkannya,” jelas Paul Hertz, Direktur Divisi Astrofisika NASA dalam waktu bersamaan.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by