Sukses

Jadi Orang dengan Bayaran Tertinggi di Perusahaan, Ini Gaji Bos Xiaomi

baru-baru ini beredar kabar bahwa CEO Xiaomi Lei Jun menjadi karyawan Xiaomi yang gajinya paling besar seantero perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk Xiaomi mungkin harganya cukup terjangkau, jauh dari harga produk serupa lain di pasaran.

Xiaomi bahkan berjanji untuk tak ambil untung banyak-banyak dari penjualan produk mereka.

Meski demikian, hal tersebut tidak membuat perusahaan tertinggal. Justru Xiaomi kini jadi salah satu vendor smartphone yang dikenal luas di dunia.

Menilik kesuksesan Xiaomi, baru-baru ini beredar kabar bahwa CEO Xiaomi Lei Jun menjadi karyawan Xiaomi yang gajinya paling besar seantero perusahaan.

Hal ini diketahui dari berita yang dilaporkan media Hong Kong, berdasarkan pengumuman general meeting tahunan Xiaomi, setelah mereka melantai di bursa saham Hong Kong (IPO), tahun lalu.

Mengutip Gizmochina, Jumat (12/4/2019), pengumuman itu juga berisi penyataan keuangan per tahun 2018. Salah satunya adalah pengumuman tentang adanya karyawan dengan gaji tertinggi tiap tahunnya.

Menurut laporan, gaji paling tinggi yang diberikan Xiaomi adalah sekitar 9,8 miliar Yuan atau setara USD 1,46 miliar. Jika dirupiahkan, besarannya jadi Rp 20,6 triliun per tahun.

Sementara lima karyawan dengan gaji paling besar di Xiaomi, totalnya adalah 10,2 miliar Yuan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konfirmasi Perusahaan

Juru bicara Xiaomi mengonfirmasi, karyawan yang gaji tahunannya paling tinggi di antara kelima orang tersebut tak lain adalah founder sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun.

Sayangnya, jumlah pasti gaji Lei Jun tidak disebutkan oleh juru bicara tersebut.

Sekadar informasi, gaji Lei Jun yang fantastis itu sebagian besar berasal dari saham yang diberikan.

Manajer Umum Departeman Humas Grup Xiaomi Xu Jieyun menanggapi laporan mengenai gaji tahunan Lei Jun di akun Weibo-nya.

Ia menyebut gaji Lei Jun tersebut merupakan bonus yang berasal dari 2 persen ekuitas yang diberikan oleh dewan direksi. Ia menyebutkan bahwa proporsi itu sebenarnya tidak tinggi di industri.

3 dari 3 halaman

Saham Xiaomi Turun

Sementara itu, saham Xiaomi turun 0,68 persen menjadi HKD 11,75 per lembarnya pada 8 April, yakni saat laporan ini dirilis.

Harga saham Xiaomi jatuh hampir 10 persen sejak awal tahun. Namun demikian, perusahaan teknologi Tiongkok ini membukukan pendapatan bruto 174,9 miliar Yuan pada 2018.

Laba Xiaomi pun berada di kisaran angka 13,4 miliar Yuan. Makanya, tak heran kalau Lei Jun sang bos mendapatkan bonus sebesar itu.

(Tin/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.