Jangan Golput, Facebook Beri Informasi tentang Caleg di Aplikasi

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 10 Apr 2019, 12:10 WIB
Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terdiri atas pemilihan presiden, anggota DPR RI, DPD RI, dan DPRD kabupaten/kota bakal digelar serentak pada 17 April 2019.

Sebagai warga negara yang hendak melakukan pemilihan terhadap wakil masing-masing, tentu kamu melihat begitu banyak calon anggota legislatif yang memajang poster wajah mereka di jalan dekat rumah.

Karena poster-poster tersebut tak diiringi dengan visi misi, kemungkinan besar kamu bakal dibuat bingung untuk memilih siapa.

Nah, untuk mencegah kebingungan tersebut sekaligus membantu pengguna di Indonesia mengenal lebih jauh tentang calon anggota legislatif yang bisa dipilih beserta program-programnya, baru-baru ini Facebook menghadirkan sebuah fitur baru bernama Info Kandidat.

Fitur ini memungkinkan seluruh pengguna Facebook di Indonesia untuk membandingkan para kandidat. Dengan begitu, mereka bisa membuat keputusan yang sesuai dengan aspirasinya.

 

2 of 4

Upaya Membangun Komunitas yang Lebih Teredukasi

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Dalam keterangan resminya yang diterima Tekno Liputan6.com, Facebook menyebut kehadiran fitur tersebut merupakan upaya mereka untuk membangun komunitas yang lebih teredukasi dengan informasi yang tepat.

"Kami yakin dengan membantu orang memahami profil para kandidat, kami bisa membantu menciptakan komunitas yang lebih baik," tutur Facebook dalam keterangannya.

Pasalnya, tiap hari Facebook digunakan sebagai platform untuk berdikusi mengenai politik.

"Kami bekerja keras untuk membuat orang leih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam membuat keputusan, jelang pemilihan umum," kata Facebook.

3 of 4

Di Mana Letak Fitur Ini?

Warga Tanah Abang Ikuti Simulasi Pemilu 2019
Petugas menjelaskan surat suara saat simulasi pencoblosan dan penghitungan di TPS pada Pemilihan umum 2019 di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Selasa (9/4). Simulasi ini untuk memahami alur dan aturan Pemilu pada 17 April 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sekadar informasi, fitur yang membantu pengguna dalam mencari informasi mengenai capres/cawapres/caleg sudah tersedia sejak 2 April 2019.

Fitur ini bisa ditemukan di Kabar Beranda atau News Feed. Khusus untuk aplikasi, informasi ini terdapat di News Feed dengan opsi 2019 Election.

Begitu dibuka, fitur ini menunjukkan opsi untuk melihat profil calon legislatif dari DPD serta DPR RI. Kemudian kamu juga bisa melihat profil capres dan cawapres.

Sayangnya, opsi ini tidak dilengkapi dengan profil calon anggota DPRD Kabupaten/ Kota secara rinci, sehingga pengguna tetap harus mencari tahu sendiri siapa wakil-wakil yang ingin mereka tempatkan di gedung DPRD kabupaten atau kotanya.

Meski daftar ini menampilkan semua nama calon anggota legislatif, sayangnya banyak caleg yang belum melengkapi profilnya.

Tentu hal ini merugikan kedua pihak yakni calon pemilih maupun caleg itu sendiri karena tak menampilkan informasi lengkap pada masyarakat.

4 of 4

Bagaimana Cara Pakainya?

Ilustrasi Pemilu 2019
Badut berbentuk kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), ondel-ondel, dan marching band ikut meramaikan pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pertama kamu bisa buka News Feed, pada aplikasi, opsi ini terdapat di tanda garis tiga yang ada di ujung kanan layar (di bawah Facebook Messenger).

Kamu bisa menemukan fitur 2019 Election di daftar fitur-fitur yang ada.

Begitu mengklik fitur 2019 Election, kamu bisa melihat daerah pilihan yang calonnya ingin kamu kenal lebih lanjut.

Misalnya kamu ingin mengetahui caleg di dapil Bogor, kamu bisa mengubah lokasi ke Bogor akan otomatis muncul daerah pilihan Jawa Barat V.

Selanjutnya di bawahnya, akan muncul kandidat lengkap dengan opsi profil caleg DPD, Presiden, Calon Wakil Presiden, dan caleg DPR RI.

Facebook hadirkan fitur Info Kandidat untuk membantu pengguna Indonesia mengenali caleg legislatif yang hendak dipilihnya (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Daftar nama tersebut bisa kamu klik untuk melihat profil si caleg.

Facebook menyebut, para calon akan bisa mengunggah video pendek, di mana mereka bisa menyampaikan program dengan kata-kata mereka sendiri.

Harapannya orang akan memahami misi dan visi para kandidat. Mereka bisa membuat empat video durasi 20 detik untuk perkenalkan diri dan menjawab pertanyaan seperti apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, rencana yang akan direalisasikan, hingga upaya untuk memberantas korupsi.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓