Sukses

Xiaomi Setop Update MIUI untuk 7 Model Redmi

Xiaomi mengumumkan akan menghentikan dukungan pembaruan MIUI untuk sejumlah model Redmi lawas.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dikenal sebagai vendor yang rajin memberikan update software untuk perangkat besutannya. Namun, bukan berarti hal itu dapat berlangsung terus.

Ada kalanya perusahaan asal Tiongkok itu harus menyetop pembaruan ke sejumlah model lawas. Terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (8/4/2019), ada tujuh model smartphone Redmi yang dipastikan tidak lagi menerima pembaruan software.

Tujuh model yang dimaksud adalah Xiaomi Redmi Note 4, Redmi 3S, Redmi 3X, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi Note 3, dan Redmi Pro.

Dengan diberhentikannya pembaruan tersebut, ketujuh model itu dipastikan tidak lagi mendapat dukungan software terbaru, termasuk MIUI 11 atau uji coba beta lain.

Meski tidak diungkap lebih lanjut, ada kemungkinan pemberhentian dukungan ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Kendati demikian, Xiaomi menuturkan semua perangkat tersebut masih dapat menerima update keamanan.

Akhir tahun lalu, Xiaomi juga baru saja mengumumkan hal serupa. Ketika itu, pemberhentian update dilakukan pada sejumlah model, seperti Redmi Note 3, Mi 4, Mi 4C, Mi 4S, dan Mi 5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Xiaomi Ungkap Fitur yang Akan Hadir di MIUI 10 dan 11

Sebelumnya, Xiaomi sebenarnya telah mengungkap sejumlah fitur baru yang bakal hadir di tampilan antarmuka tersebut. Fitur ini nantinya akan hadir di MIUI 10 dan MIUI 11.

Salah satu fitur yang disebut akan hadir kali ini adalah Dark Mode. Fitur ini sendiri pertama kali hadir di Mi 9 dan akan segera menyambangi seluruh perangkat MIUI 10.

Selain itu, Xiaomi juga berencana untuk menghadirkan sistem face unlock dan fingerprint unlock bekerja secara bersama-sama. Sebagai tambahan, perusahaan juga akan menambah soundeffect baru.

Nantinya, pengguna juga dapat menyalakan smartphone dengan perintah berbasis suara. Seluruh fitur tersebut, menurut Xiaomi, tengah dalam tahap pengembangan.

Tidak hanya fitur, Xiaomi juga sudah mempersiapkan sejumlah fitur baru yang akan masuk tahap pengembangan, seperti Child Mode, recycle bin untuk foto, dan proses penghapusan otomatis file APK setelah berhasil dipasang.

Mengingat seluruh fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan, belum dapat dipastikan kapan Xiaomi akan merilisnya ke publik. Kendati demikian, menarik untuk menunggu fitur-fitur ini benar-benar hadir di MIUI.  

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.