XL Axiata Bakal Pakai Palapa Ring untuk Hubungkan Jaringan di Indonesia Timur

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Apr 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 06 Apr 2019, 13:00 WIB
BTS
Perbesar
Ilustrasi BTS (guardian.ng)

Liputan6.com, Banyuwangi - XL Axiata meningkatkan anggaran belanja modal (capex) menjadi Rp 7,5 triliun tahun ini. Rencananya, mayoritas dana tersebut akan digunakan untuk membangun jaringan datanya di Indonesia.

Hal ini seiring dengan makin banyaknya permintaan atas layanan data ketimbang layanan lain seperti voice dan SMS.

Salah satu fokus XL Axiata terkait layanan data adalah membangun jaringan di wilayah Indonesia Timur.

Pemegang merek XL dan Axis ini berencana menghubungkan Indonesia Timur, salah satu caranya adalah menggunakan infrastruktur back bone Palapa Ring Timur yang diperkirakan rampung dibangun pertengahan 2019.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, tahun ini XL memang fokus membangun jaringan di luar Pulau Jawa, salah satunya adalah wilayah Indonesia Timur.

"2019 kami membangun terus, kalau pada 2018 itu disebut sebagai tahun istimewa karena pertama kalinya decline, outlook 2019 kami akan tumbuh sekitar 4 persen. Hal ini didukung dengan pertumbuhan smartphone yang akan naik 73 persen, makanya kami percaya, bisnis masih bisa tumbuh," tutur Yessie dalam acara Media Gathering XL Axiata di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (5/4/2019) malam.

Diapun mengungkapkan salah satu fokus XL Axiata adalah memperluas jaringan datanya. Selain membangun fiber optik milik sendiri, XL Axiata juga berencana melakukan kerja sama dengan Palapa Ring.

"Kami ingin menghubungkan nusantara dengan akses yang terjangkau. Sebelum 2019 perluasan data di Indonesia Timur itu hampir tidak ada, tetapi sekarang di Nusa Tenggara, ada 31 kabupaten dan kota yang diselimuti jaringan 4G XL. Kami mencoba menjangkau jaringan terluar dengan fiber optik," tutur Yessie.

 

 

2 dari 2 halaman

XL Axiata Andalkan Palapa Ring Timur

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya memberikan pemaparan soal teknologi XL Axiata di Banyuwangi, Kamis (4/4/2019). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Dia menambahkan, untuk memperluas wilayah jangkauan data XL Axiata, XL akan menggunakan Palapa Ring Timur. Sebelumnya, XL Axiata telah menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk menghubungkan Kepulauan Anambas dengan jaringan internet.

"(Palapa Ring) Barat sudah digunakan untuk menghubungkan Anambas, sudah ada jaringan data kami di sana dan itu fiber optik Palapa Ring Barat. Pada 2019 ini kami juga ada rencana untuk menghubungkan Waingapu ke Kupang dengan Palapa Ring Timur," ucap Yessie.

Bicara persiapan, XL sendiri berencana untuk memetakan daerah-daerah mana yang memerlukan layanan data dari infrastruktur Palapa Ring.

"Palapa Ring memang dibiayai pemeritah, tetapi akses kami yang terus membangun, makanya strategi XL adalah kami all out memetakan daerah-daerah mana yang perlu untuk menggunakan. Dengan demikian, investasi (mahal) terkait radio dan akses kami pertimbangkan (berdasarkan kebutuhan)," tutur dia.

Yessie mengatakan, sebelumnya XL juga telah memakai Palapa Ring Barat untuk menghubungkan Kepulauan Anambas dengan koneksi internet.

Sebelumnya, XL juga memetakan mana wilayah yang dirasa membutuhkan koneksi dan mana yang tidak. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa memaksimalkan anggaran belanja modal.

Metode serupa juga nanti akan berlaku untuk Palapa Ring Tengah dan Timur. "Jadi ya sesuaikan dengan kebutuhan," ujar Yessie.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓