Sukses

Tips Agar Akun WhatsApp Kamu Tidak Kena Hack

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah WhatsApp kamu di hack oleh penjahat siber.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi olah pesan paling populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Dengan jumlah miliaran pengguna yang terdaftar di seluruh dunia, WhatsApp menjadi sasaran empuk terhadap berbagai ancaman peretasan.

Berisikan beragam informasi pribadi dan rahasia pengguna, wajar bilamana banyak pengguna melakukan berbagai cara agar akun WhatsApp mereka aman dari peretasan.

Karena itu, ada 2 jenis tindakan yang dapat dilakukan untuk mengamankan akun kamu, yakni dengan cara preventif dan korektif.

Bagaimana caranya? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah WhatsApp kamu di hack, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/4/2019).

1. Cek Aktifitas di WhatsApp Web

Apa yang harus kamu lakukan jikalau akun WhatsApp sudah di hack? Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek fitur WhatsApp Web.

Hadir sebagai solusi yang memungkinkan pengguna mensinkronisasi smartphone dengan desktop/laptop via browser, nyatanya fitur ini dapat dimanfaatkan hacker untuk 'mengintip' obrolan kamu.

Untuk mengetahui siapa saja yang mungkin melihat chat di WhatsApp via web, kamu bisa tap tiga titik di atas kanan aplikasi dan pilih WhatsApp Web.

Setelah itu, kamu akan melihat daftar perangkat apa saja yang terhubung dengan aplikasi WA. Klik "Log out from all devices" untuk menghentikan semua aktifitas kamu di WhatsApp Web.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jangan Mudah Percaya

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Pengguna juga diminta untuk tidak mudah percaya jika ada orang yang meminta pengguna untuk mengeklik link verifikasi ganti nomor, ataupun permintaan untuk dikirimi uang.

Biasanya, pelaku dapat memanfaatkan kelalaian pengguna untuk mendapatkan akses ataupun informasi lain dari korbannya. Karena itu, jangan sekali-kali membalas chat seseorang yang tidak dikenal.

3. Aktifkan Two-Factor-Authentication

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Two-Factor-Authentication. Di WhatsApp sendiri saat ini sudah ada.

Apa itu Two-Factor-Authentication? Ini merupakan fitur yang setiap ganti nomor, untuk masuk ke nomor baru pengguna harus memasukkan PIN.

Bila lupa PIN tersebut, maka akun WhatsApp kamu pun akan hilang.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.