Sukses

Bocoran Prototype PS5 Beredar, Lebih Bongsor dari PS4?

Wujud prototype konsol penerus PS4 ini dibocorkan oleh salah seorang pengguna Reddit.

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum diungkap secara resmi, bocoran seputar konsol terbaru Sony, PlayStation 5 (PS5), sudah beredar lebih dulu di internet.

Dilansir Mirror pada Selasa (2/4/2019), wujud prototype konsol penerus PS4 ini dibocorkan oleh salah seorang pengguna Reddit. 

Namun sepertinya, bocoran PS5 tersebut menuai respons yang agak kurang positif. Pasalnya, ukuran konsol ini agak lebih bongsor ketimbang PS4.

Seperti kamu lihat pada foto di bawah, wujud PS5 agak sedikit lebih tebal dan besar. Banyak yang mengira besarnya ukuran konsol kemungkinan butuh banyak ruang untuk pendingin (cooler), atau ruang untuk modul grafis yang lebih besar.

Sementara, kontrolernya pun berbeda dengan kontroler Dual Shock PS4, ia juga lebih besar di bagian gagangnya.

Perbedaannya hanyalah layar sentuh kecil yang terletak di tengah bagian kontroler.

Tidak bisa dipastikan apa memang betul konsol tersebut merupakan prototype PS5, yang pasti lebih baik kita tunggu Sony sendiri untuk langsung mengumumkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PS5 Belum Dirilis, Gim Pertamanya Sudah Nongol

Meski Sony belum mengungkap kapan konsol next generation-nya, PlayStation 5 (PS5), akan dirilis, gim pertama dari konsol ini malah sudah lebih dulu diumumkan.

Dilansir Mirror, Kamis (28/3/2019), pengembang Daedalic Entertainment mengumumkan gim pertama untuk PS5, yang ternyata merupakan franchise film Lord of The Rings, yakni The Lord of the Rings: Gollum.

Daedalic Entertainment sendiri mengungkap kalau gim ini memang dirancang untuk 'konsol yang relevan', di mana mereka yakin PS5 akan menjadi platform yang ideal.

The Lord of the Rings: Gollum sendiri akan menjadi gim ber-genre action adventure yang mengisahkan Gollum.

"Kami akan menyajikan kisah Gollum dari perspektif yang belum pernah dilihat sebelumnya, ini juga akan diadaptasi dari buku-buku karangan J.R.R. Tolkien," ujar CEO Daedalic Entertainment Carsten Fichtelmann.

"Industri gim terus berubah dan berevolusi untuk bisnis model yang lebih baik, kami sadar bahwa kami mengembangkan sebuah produksi gim yang akan sangat fresh selama 60 tahun terakhir untuk konsol next generation," tambahnya.

Kabarnya, gim ini akan dirilis pada 2021. Bisa jadi, tahun tersebut akan menjadi tahun di mana PS5 diperkenalkan ke publik.

3 dari 3 halaman

Analis: PS5 dan Xbox Scarlett Bakal Rilis pada 2021

Sudah jadi rahasia umum kalau Microsoft dan Sony telah mempersiapkan konsol terbaru mereka, yakni Scarlett (kode nama Xbox terbaru) dan PS5.

Namun, informasi tentang bagaimana bentuknya, kapan dirilis, dan fitur apa yang diusung kedua konsol tersebut masih menjadi rahasia.

Simpang siur dan perdebatan kapan kedua konsol tersebut meluncur di pasaran pun ramai di internet.

Beberapa berpendapat kalau PS5 dan Xbox terbaru itu bakal meluncur pada 2019 atau 2020.

Namun, salah satu analis gadget menungkap kedua konsol tersebut bakal meluncur di pasaran tiga tahun mendatang, yakni 2021.

Terlepas banyak dugaan atau prediksi saat ini, Lewis Ward, selaku analis IDC mengatakan kedua konsol itu tidak akan meluncur pada 2019 atau 2020, tetapi pada 2021.

"Saya tidak yakin," kata Ward ketika ditanya apakah dia yakin Microsoft akan merilis Xbox Scarlett lebih awal ketimbang PS5.

"Saat ini saya memproyeksikan kedua konsol akan debut pada 2021, setahun lebih lambat dari perkiraan banyak analis," tambahnya seperti dilansir GamingBolt, Kamis (27/12/2018).

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.