Sukses

Jaringan Smartfren Resmi Terpasang di Rute MRT Jakarta

Tak butuh waktu lama, Smartfren pun akhirnya resmi menggelar jaringannya di rute MRT Jakarta pada hari ini, Rabu (27/3/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Smartfren berencana untuk memasang jaringannya di rute Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Tak butuh waktu lama, Smartfren pun akhirnya resmi menggelar jaringannya di rute MRT Jakarta pada hari ini, Rabu (27/3/2019).

"Iya, (jaringan) kita sudah on di MRT. Berkat itikad baik bersama untuk memberikan layanan telekomunikasi kepada seluruh pelanggan," ujar Deputy CEO of Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim kepada Tekno Liputan6.com.

"MRT akan menjadi tren gaya hidup baru bagi masyarakat Jakarta. Jadi, per hari ini pelanggan [Smartfren ](bagi "") akan tetap tersambung dengan jaringan selama ada di dalam MRT," tambahnya.

Smartfren dan Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar jaringan di rute MRT.

Adapun operator lain seperti Tri, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata, masih berupaya merampungkan finalisasi penggelaran jaringan di MRT Jakarta.

Direktur Tower Bersama Helmy Yusman Santoso mengatakan sejumlah operator seluler tengah melakukan negosiasi dengan perusahaan.

"Mereka (operator seluler) dalam tahap finalisasi dan komunikasi terus berjalan. Selama tahapan negosiasi ini ada non disclosure agreement (NDA) yang harus dihormati, sehingga kami tidak bisa memberikan informasi secara detail," ujarnya.

Helmy memaparkan, dalam penetapan biaya sewa dari sarana infrastruktur telekomunikasi di MRT Jakarta, tak hanya tergantung perseroan tetapi ada aturan main yang disepakati dengan PT MRT Jakarta.

"Kami tak bisa menetapkan tarif sewa, karena ada kewajiban setoran pendapatan ke PT MRT Jakarta dan lainnya. Kami pun akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua operator untuk memasang perangkat trial gratis," ucapnya memungkaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IBS 408 Titik

Untuk diketahui, MRT Jakarta bersama mitranya telah menyediakan antena In buiilding Solution (IBS) di 408 titik pada 13 lokasi yang dilalui moda transportasi tersebut sepanjang 15,6 kilometer.

Selain itu, ada juga antena repeater sepanjang rel (24,9 km), 8 ruang BTS, dan backhaul ke fiber optik untuk masing-masing calon penyewa. Adapun untuk kapasitas yang disediakan meliputi 74 sektor.

Di sisi lain, sebelumnya Direktur Jaringan Telkomsel Bob Apriawan menyatakan sejauh ini hanya Telkomsel yang sudah memasang 48 BTS di 13 stasiun yang dilewati MRT Jakarta.

"Total ada 74 sektor dengan 222 NE BTS mixed 2G, 3G, dan 4G. Untuk 4G, kami pakai carrier aggregation LTE FDD 1800 dan LTE TDD 2300 dikombinasikan," tuturnya.

Adapun dua operator seluler besar Indosat Ooredoo dan XL Axiata mengaku berkomitmen mendukung tersedianya layanan telekomunikasi di jalur MRT.

"Kami berkomitmen mendukung tersedianya layanan telekomunikasi di sepanjang jalur MRT. Saat ini kami masih dalam proses finalisasi untuk kerjasama ini," kata Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo via pesan singkat. 

3 dari 3 halaman

Harapan Menkominfo

Sementara, Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto menuturkan pihaknya tentu akan mendukung penyelenggaraan layanan telekomunikasi untuk membantu kelancaran masyarakat dalam berkomunikasi, termasuk di jalur MRT.

"XL Axiata akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk penyedia layanan dan fasilitas MRT. Saat ini masih dalam tahap diskusi dengan pihak penyelenggara fasilitas di layanan MRT," ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sendiri mengharapkan semua operator seluler memberikan layanan di semua rute yang dilalui transportasi MRT Jakarta.

"Idealnya semua operator harus membuka jaringan di rute dan stasiun MRT Jakarta, baik itu di tunnel (terowongan bawah tanah) atau di atas tanah. Kita maunya seperti di Singapura, di mana orang bisa berkomunikasi di mana saja saat naik MRT," kata Rudiantara.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.