Sukses

NASA Batalkan Misi Spacewalk Dua Astronaut Wanita Pertama Dunia, Kenapa?

NASA mengumumkan sudah menjadwalkan untuk mengirim dua astronaut wanita untuk berjalan di luar angkasa (spacewalk). Sayang, misi itu harus dibatalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan ini, NASA mengumumkan sudah menjadwalkan untuk mengirim dua astronaut wanita untuk berjalan di luar angkasa (spacewalk).

Rencananya, dua astronaut yang bernama Anne McClain dan Christina Koch akan meluncur ke luar angkasa pada 29 Maret mendatang.

Sayangnya, badan antariksa Amerika Serikat tersebut harus membatalkan misi spacewalk karena ada masalah dengan baju luar angkasa yang akan mereka pakai.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Rabu (27/3/2019), masalah tersebut berkaitan dengan ukuran baju luar angkasa yang bakal digunakan oleh kedua astronaut itu.

Adapun kedua astronaut membutuhkan baju antariksa dengan ukuran medium, sementara yang tersedia untuk jadwal peluncuran 29 Maret hanya ada satu baju.

Karena itu, NASA akhirnya memutuskan untuk menggantikan posisi Anne McClain dengan astronaut Nick Hague.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjalan di Ketinggian 400 Km dari Permukaan Bumi

Semula astronot Scoot dan Mark Adalah Saudara Kembar. Namun, Status Kembar Langsung Hilang Begitu Scoot Turun ke Bumi. Mereka pun Tidak Lagi Jadi Anak Kembar (iStock)

Lebih lanjut, misi berjalan di ketinggian 400 km dari permukaan Bumi yang akan dilakukan oleh Anne McClain dan Christina Koch sebenarnya tidak direncanakan.

Awalnya, misi ini akan dilakukan pada pertengahan tahun, tapi kini dimajukan bersamaan dengan Women History Month yang jatuh pada bulan ini.

"Mereka akan bertugas untuk mengganti baterai yang ada di stasiun luar angkasa," tutur juru bicara NASA Stephanie Schierholz.

Keduanya akan menjadi satu dalam misi Expedition 59 yang meluncur minggu depan.

 

3 dari 3 halaman

Awak Darat juga Diisi oleh Para Wanita

Ilustrasi astronot mendarat dan bersiap menambang asteroid (NASA)

Selain astronaut yang bertugas di luar angkasa, awak darat juga diisi oleh para wanita. Mary Lawrence akan menjadi lead flight director dan Jackie Kagey sebagai lead spacewalk flight controller.

Meski sudah dijadwalkan, Schierholz menuturkan tidak tertutup kemungkinan masih ada perubahan jadwal dan tugas yang diberikan.

Sekadar diketahui, McClain dan Koch merupakan angkatan 2013 dari kelas astronaut NASA, yang setengah di antaranya adalah wanita.

Untuk informasi, berjalan di luar angkasa (spacewalks), menurut NASA, dilakukan untuk sejumlah tujuan. Salah satunya adalah melakukakan eksperimen ilmiah atau melakukan uji coba peralatan baru.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.