Simak Spesifikasi Lengkap Huawei P30 dan P30 Pro yang Baru Dirilis

Oleh Jeko I. R. pada 26 Mar 2019, 22:17 WIB
Huawei

Liputan6.com, Paris - Kedua smartphone flagship terbaru Huawei, P30 dan P30 Pro, akhirnya resmi diumumkan di Paris. Mereka diperkenalkan dalam sebuah ajang yang dihadiri Tekno Liputan6.com di Paris Convention Center, Prancis, Selasa (26/3/2019) pukul 14.00 waktu setempat. 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya oleh Richard Yu selaku CEO Huawei Consumer Business Group, P30 dan P30 Pro hadir dengan evolusi fotografi dan videografi mobile terbaik untuk pengalaman smartphone yang setara dengan menggunakan DSLR.

Tak heran, keduanya masih kuat di segmen fotografi karena sama-sama dibekali sensor 40MP dan teknologi baru bernama SuperSensing.

“Pada saat kami memperkenalkan P9 dan P9 Plus, ia membawa tren smartphone dengan dua kamera, dan pada P10 dan P10 Plus menghadirkan kamera selfie dengan selfie portrait, P20 Pro hadir dengan tiga kamera. Dan kini, P30 dan P30 Pro akan membawa pengalaman fotografi yang lebih ultimate,” katanya di panggung peluncuran.

Lantas, mau tahu lebih detail soal spesifikasi Huawei P30 dan P30 Pro yang baru saja meluncur? Simak rangkumannya di halaman berikut.

2 of 3

Spesifikasi Huawei P30

Huawei
Peluncuran Huawei P30 dan P30 Pro di Paris. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Smartphone penerus P20 ini, dibekali tiga kamera di bagian punggung, di mana ada lensa SuperSensing besutan Leica dengan sensor utama wide angle 40MP. Adapun konfigurasi lensa lain adalah sensor telephoto 8MP, dan ultra-wide 16MP dengan 3x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 10x digital zoom.

Resolusi lensa 40MP pada P30 dan P30 Pro adalah yang pertama dengan menggunakan sensor RYYB (Red, Yellow, Yellow, Blue), yang mana diklaim memungkinkan 40 persen cahaya lebih banyak saat memotret objek sehingga membuat foto low light lebih cantik.

Kesatuan warna kamera ini akan sangat berbeda dengan RGB biasa yang digunakan kebanyakan kamera smartphone belakangan ini.

Selain itu, kamera juga akan bisa bekerja luar biasa di kondisi yang sangat redup, tapi tetap bisa mempertahankan warna alaminya. 

Adapun untuk kamera selfie, P30 dibekali dengan sensor 32MP dengan AI HDR+.

Untuk ukuran layar, P30 memiliki layar dengan bezel super tipis berbentang layar 6,1 inci FHD+ OLED rasio 19,5:9, yang di dalamnya dibenamkan sensor pemindai sidik jari di mana akurasi kecepatannya meningkat 37 persen jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Adapun untuk urusan dapur pacu, smartphone ini dipersenjatai prosesor Kirin 980 7nm, yang diklaim sangat cerdas karena sudah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan kelas atas.

Beranjak ke RAM, ia hadir dengan RAM 6GB bersama tiga opsi memori internal: 64GB, 128GB, dan 256GB. Bersamaan dengan itu, untuk urusan daya, smartphone diperkuat dengan baterai 3.650mAh. Sementara soal ketahanan, smartphone mengantongi sertifikasi IP57 yang membuatnya tahan cipratan air.

P30 juga sudah berjalan dengan Android 9 Pie dan EMUI generasi terbaru.

 

 

 

3 of 3

Spesifikasi Huawei P30 Pro

Huawei
Peluncuran Huawei P30 dan P30 Pro di Paris. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Adapun untuk Huawei P30 Pro juga mengunggulkan kualitas kamera yang lebih baik ketimbang seri pendahulunya.

Berbeda dengan P30 yang dibekali tiga kamera utama, smartphone flagship terbaru dari Huawei ini tampil dengan empat kamera utama SuperSensing besutan Leica.

Untuk konfigurasi lensa, smartphone ini memiliki sensor utama wide-angle 40MP, ultra-wide 20MP, telephoto 5X 8MP dan lensa Time of Flight depth-sensing dengan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom!

Lensa utama dan telephoto kamera ini memiliki OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu mengurangi motion blur dan meningkatkan kualitas low light. Ia juga memiliki fitur AI HDR+ yang mampu mengatur tingkat eksposur pada foto. Sementara, untuk kamera selfie-nya sendiri sama dengan P30, yakni 32MP berbekal teknologi AI HDR+.

Untuk desain, P30 Pro sebetulnya memiliki desain yang identik dengan P30. Hanya, P30 Pro memiliki bentang layar lebih besar, yakni 6,47 inci FHD+ curved OLED rasio 19,5:9 dengan sensor pemindai sidik jari yang tertanam di dalam layar.

Yang membedakannya dengan P30 juga baterai dan sertifikasi ketahanan, di mana P30 Pro dibenamkan baterai yang lebih besar--4.200mAh--dan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan dalam air.

Jeroan P30 Pro juga sama dengan P30, di mana ia dibekali prosesor Kirin 980 7nm. Nah, untuk RAM-nya sendiri lebih besar, yakni 8GB dengan tiga opsi memori internal: 128GB, 256GB, dan 512GB. Ia juga sudah berjalan dengan Android 9 Pie dan EMUI generasi terbaru.

Baik dari P30 dan P30 Pro hadir dengan empat opsi warna: Amber Sunrise, Pearl White, Pearl Black, Aurora, dan Blue Crystal dan sudah tersedia di pasar global mulai hari ini. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by