Sukses

Ini 4 Aplikasi Smartphone untuk Ibu Hamil, Banyak Informasi tentang Kesehatan

Berbagai aplikasi diciptakan untuk memudahkan agar ibu hamil dan buah hati selalu sehat.

Liputan6.com, Jakarta Di masa lalu, untuk mengetahui informasi-infromasi tentang bagaimana merawat bayi di dalam kandungan, maupun bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil sangat sulit didapat. Ibu hamil memerlukan untuk berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa secara langsung. 

Apa saja makanan yang boleh dan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan, kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan si ibu hamil maupun anak dalam kandungannya. Bahkan hal-hal seperti berat badan ibu hamil yang setiap harinya bertambah, harus diatanyakn terlebih dahulu ke dokter.

Sekarang ini, dengan majunya teknologi, semua hal yang merepotkan tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Hanya dengan membuka smartphone, kita dapat mebuka semua hal-hal yang berkaitan dengan apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil.

Berbagai aplikasi smartphone diciptakan untuk memudahkan ibu hamil dalam menjaga kesehatan si bayi dalam kandungannya. Apa saja aplikasi itu, Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil ini sangat cocok dipakai oleh para ibu hamil di Indonesia, karena konten-konten di dalamnya menyesuaikan dengan kondisi dan budaya di Indonesia.

Fitur-fiturnya sebagai berikut:

- Checklist

Di aplikasi Teman Bumil ini, ibu hamil akan diberikan list apa saja yang harus dikerjakan atau dilakukan selama hamil

- Agenda

Beberapa ibu hamil mengeluh karena menjadi pelupa selama hamil, yang biasa kita sebut sebagai pregnancy brain. Disini Teman Bumil akan menjadi asisten pribadi ibu hamil yang akan mengirimkan pengingat-pengingat bagi ibu hamil.

- Janin 360

Fitur ini akan memberitahukan kepada kita bagaimana perkembangan janin dalam kandungan.

- Record Mum & Janin

Setiap kali konsultasi ke dokter, masukkan data berat dan panjang janin, serta detak jantungnya, sehingga kita dapat melihat grafik perkembangan janin. Selain itu, kita juga dapat memantau kesehatan ibu hamil tiap bulannya, dengan memasukkan tekanan darah dan kenaikan berat badan ibu hamil tersebut.

- Album

Untuk mengabadikan momen mengandung si ibu hamil, simpan foto dan kenangan (termasuk foto USG) ke dalam album ini.

- Artikel

Di aplikasi ini, ibu hamil juga dapat membaca artikel-artikel yang memuat informasi tentang kehamilannya.

- Tips

Ada juga tips untuk ibu hamil yang diberikan tiap minggu.

3 dari 5 halaman

2. Kehamilan + atau Pregnancy +

Aplikasi kehamilan + ini, atau yang dalam Bahasa Inggrisnya yaitu Pregnancy + merupakan aplikasi untuk ibu hamil yang paling lengkap. Lebih dari 20 juta orang menggunakannya, dan memiliki rating 4,6 di Playstore.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup menyegarkan mata. Bahkan aplikasi ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bukan saja ibu hamil, tetapi juga untuk ayah, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya.

4 dari 5 halaman

3. Ovia Pregnancy Tracker

Ovia Pregnancy Tracker ini tersedia untuk pengguna iPhone, iPad, ataupun iPod Touch. Dengan kualitas informasi-informasi dan fitur yang tersedia, aplikasi ini mendapatkan rating 4,9 di app store.

Melalui aplikasi ini, kita dapat menjaga gaya hidup sehat dengan mengatur makanan berdasarkan usia janin dan si ibu hamil.

5 dari 5 halaman

4. Pregnancy Trackers

Pregnancy Exercises ini sesuai dengan namanya memiliki fungsi untuk memberikan saran dan petunjuk untuk melakukan olahraga olahraga ringan bagi ibu hamil. Di mana latihan latihan tersebut nantinya akan memberikan kemudahan kepada ibu hamil dalam persalinan.

Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu ibu hamil dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan informasi-informasi yang pas utnuk ibu hamil dalam menjaga kesehatan kandungannya dan dirinya sendiri, membuat aplikasi ini perlu dimiliki oleh para ibu hamil.

Tetapi aplikasi-aplikasi ini bukan dimaksudkan untuk pengunaan medis, atau untuk menggantikan saran dokter medis yang terlatih. Jika memiliki kekhawatiran tentang kehamilan, tetap lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini