Gandeng DANA, Kini Samsung Pay Hadir di Indonesia

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 23 Mar 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 24 Mar 2019, 13:19 WIB
Samsung Pay Melenggang di Asia Tenggara Tahun Ini, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hadir di sejumlah negara, Samsung akhirnya mulai memboyong metode pembayaran digitalnya, yakni Samsung Pay ke Indonesia.

Samsung Pay ini hadir secara pre-installed di smartphone terbaru Samsung yakni Galaxy A30 dan Galaxy A50 yang dirilis Jumat (22/3/2019).

Sekadar informasi, Samsung Pay merupakan aplikasi pada smartphone Samsung Galaxy yang memungkinkan pengguna untuk melakukan live transaction atau transaksi secara langsung, tanpa uang tunai.

Metode pembayaran yang diterapkan adalah mealui teknologi kode QR, via dompet digital dari layanan mitra yang sudah bekerja sama dengan Samsung.

Dalam keterangan Samsung, kini di Indonesia Samsung Pay bermitra dengan DANA sebagai sumber dompet digital pengguna. Kendati begitu, kini uji coba ini bersifat tertutup alias masih closed beta testing pada perangkat-perangkat tertentu.

Diungkapkan oleh Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi, Samsung Pay terinstal di Galaxy A30 dan Galaxy A50 yang baru dirilis.

"Ini balum open untuk semua smartphone Samsung Galaxy, masih beta tested di seri-seri terpilih," kata Irfan dalam peluncuran Galaxy A30 dan Galaxy A50 di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Sekadar informasi, Samsung Pay saat ini baru bisa diunduh di smartphone Samsung yang menggunakan sistem operasi Android Pie atau Android versi 9.0 ke atas.

2 dari 3 halaman

Telat Hadir di Indonesia

Kehadiran Samsung Pay di Indonesia terbilang terlambat. Pasalnya sejumlah negara lainnya seperti Korea Selatan, Tiongkok, Hongkong, hingga negara-negara Eropa sudah bisa menggunakan layanan pembayaran ini. 

Irfan pun mengatakan alasan Samsung Pay baru hadir di Indonesia saat ini.

"(Samsung Pay di Indonesia) ini tidak seperti Samsung Pay di negara lain, karena pengembangannya lokal bekerja sama dengan aplikasi di Indonesia, jadi disesuaikan dengan infrastruktur dan pasar di Indonesia," katanya.

Saat ini, kata Irfan, Galaxy A30 dan Galaxy A50 bekerja sama tertutup dengan DANA. Namun demikian, menurut Irfan, kerja sama ini tidak bersifat eksklusif sehingga Samsung bisa bekerja sama dengan layanan serupa DANA.

"Kami tidak menutup diri untuk bekerja sama dengan yang lain," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Samsung Pay

Untuk melakukan pembayaran dengan Samsung Pay, pengguna harus memiliki aplikasi Samsung Pay di smartphone Galaxy mereka (Android Pie), bisa diunduh di Google Play atau Samsung Store.

Khusus untuk Galaxy A30 dan Galaxy A50, Samsung Pay telah terinstal aplikasi ini. Karena bekerja sama dengan DANA, pengguna juga harus memiliki akun DANA yang bisa diregistrasi lewat aplikasi Samsung Pay.

Samsung menghadirkan dua opsi pembayaran. Pilihan pertama dengan melakukan swipe up (usap ke atas) dari home screen. Meski smartphone dalam kondisi terkunci, pengguna tetap bisa melakukan swipe up untuk mengakses Samsung Pay.

Setelah masuk ke aplikasi Samsung Pay, pengguna bisa menentukan sumber dana mana yang akan dipakai untuk bertransaksi.

Kemudian opsi kedua dengan aplikasi kamera. Caranya, pengguna hanya perlu membuka kamera Samsung dan mengarahkannya pada kode QR merchant untuk langsung bertransaksi.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait