Ini Kecanggihan Robot Anjing yang Akan Mengantar Paketmu di Masa Depan

Oleh Husnul Abdi pada 22 Mar 2019, 12:40 WIB
Robot Anjing

Liputan6.com, Jakarta Di zaman sekarang ini, semakin banyak teknologi baru yang diciptakan. Teknologi-teknologi ini tentu dapat memudahkan dan membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu teknologi yang sedang gencar-gencarnya diciptakan adalah Robot. Sekarang banyak sekali robot-robot yang diciptakan untuk membantu aktivitas manusia. Mulai dari yang berbentuk seperti komputer biasa, sampai kepada robot yang bahkan berbentuk seperti manusia.

Salah satu robot yang sedang dikembangkan adalah robot anjing. Bukan hanya sekadar robot anjing yang berbentuk persis seperti anjing yang biasa kamu lihat, robot anjing ini mempunya fungsi untuk mengantarkan paket.

Jadi, disaat sekarang untuk mengirim paket bisa lewat jasa pengiriman barang, dengan masih memakai tenaga manusia, di masa depan kita dapat mengirim paket melalui robot anjing ini, Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum kisahnya dari Designboom, Jumat (22/3/2019).

2 of 3

Robot anjing pengantar paket

Ide robot anjing ini digagas oleh Firma otomotif dari Jerman, yang bernama Continental. Mereka meluncurkan konsep tentang sistem pengiriman dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2019 DI Las Vegas. Continental dibantu oleh perusahaan robotic yang bernama ANYbotics. Sistem ini menggunakan robot anjing berkaki empat untuk melakukan pengiriman barang sampai ke pintu si penerima, dan memungkinkan mereka untuk keluar masuk dari mobil van tanpa pengemudi.

Konsep ini menggabungkan taksi robot otonom dari Continental yang diberi nama CUBE (Continental Urban Mobility Experience), dengan robot berkaki empat ANYbotics yang dapat membuka pintu dan naik lift. Mobil van akan membawa robot anjing ini sampai tiba di tujuan yang benar, lalu mengirim mereka keluar melalui pintu belakang mobil untuk menurunkan paket di depan pintu penerima.

Continental memeragakan bagaimana teknologi ini akan bekerja dengan peragaan yang cukup mengesankan. Robot anjing memulainya dengan melompat keluar dari mobil van, sebelum berjalan melewati taman di depan model rumah-rumahan dan menaiki tangga sampai ke pintu. Robot anjing ini kemudian mengeluarkan bungkusan dari punggungnya dan meletakkannya di teras depan, sebelum membunyikan bel palsu dengan salah satu lengannya.

Robot Anjing dan Mobil van
Robot Anjing dan Mobil van Pengantar Paket (Sumber: Designboom)
3 of 3

Sistem pengiriman barang yang dapat meningkatkan efisiensi pengiriman jarak jauh

Continental percaya konsep sistem pengiriman barang ini dapat meningkatkan efisiensi pengiriman jarak jauh di masa depan. "Dengan bantuan pengiriman menggunakan robot, visi Continental untuk mengadakan mobilitas tanpa batas dapat meluas sampai tepat ke depan pintu rumah Anda," kata Ralph Lauxmann, Kepala divisi sistem dan teknologi, sasis dan keamanan Continental. “Visi kami tentang pengiriman yang bertingkat dengan memanfaatkan kendaraan tanpa pengemudi untuk membawa robot pengiriman, menciptakan tim transportasi yang efisien”, tambahnya.

Teknologi ini terlihat visioner, karena robot Continental dirancang untuk meningkatkan efisiensi, dan keamanan dalam bidang pengiriman paket.

Sayangnya belum ada kepastian tentang kapan teknologi ini akan mengudara, sampai sekarang hal itu baru menjadi ambisi masa depan. Continental sebagai penggagasnya masih belum berencana untuk meluncurkan teknologi ini dalam waktu yang dekat.

Lanjutkan Membaca ↓