Duh, Smartphone Nokia Diam-Diam Kirim Data Pengguna ke Tiongkok

Oleh Jeko I. R. pada 22 Mar 2019, 10:36 WIB
Nokia

Liputan6.com, Jakarta - Nokia baru saja mengalami kasus yang cukup menjadi sorotan. Pasalnya, smartphone besutan vendor asal Finlandia tersebut dilaporkan diam-diam telah mengirim data pengggunanya ke Tiongkok.

Kasus ini mulai merebak ke publik saat channel siaran Norwegia NRK, mengklaim bukti kalau smartphone Nokia mengirimkan data pribadi penggunanya ke Negeri Tirai Bambu.

Kepada NRK, salah satu pengguna Nokia 7 Plus, Henrik Austad, berkata bahwa dia telah memonitor trafik di smartphone-nya dan menyadari kalau perangkat miliknya ternyata telah melakukan kontak ke sebuah server dan mengirim paket data.

Paket data dikirim secara tidak terenkripsi. Dan saat ia menginspeksi konten ini, ia menyadari konten berisikan data pribadinya dari smartphone tersebut.

Parahnya lagi, setiap kali Austad membuka layar smartphone-nya, lokasi geografis termasuk nomor SIM dan nomor serial perangkat sudah terkirim ke sebuah server di Tiongkok.

Hingga berita ini naik, HMD Global selaku induk usaha dari Nokia belum memberikan konfirmasi terkait kasus ini.

2 of 3

Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasi Nokia 3.1 Plus

Nokia
Peluncuran Nokia 3.1 Plus di Jakarta, Selasa (19/3/2019). (Foto: Dream.co.id)

Pada kesempatan yang berbeda, belum lama ini Nokia baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia. Vendor smartphone asal Finlandia tersebut merilis smartphone khusus bagi generasi milenial, yaitu Nokia 3.1 Plus.

"Desain smartphone ini memiliki sentuhan ala Skandinavia yang membuatnya terlihat lebih indah, ramping dan nyaman dalam genggaman," jelas Head of Product Marketing HMD Global, Wayne Tang, di Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

Tang mengatakan smartphone ini berpenampilan sederhana dan elegan. Desainnya mulus serta memiliki motif berlian dan 2.5 D glass untuk mempermudah pengguna menggenggamnya.

Tampilan layarnya tidak jauh berbeda dengan pesaing di kelasnya. Smartphone memiliki layar sebesar 6 inci, memiliki bezel tipis dengan perbandingan rasio 18:9.

Pengguna bisa maksimal dalam menikmati tampilan grafis HD+ maupun hasil kamera depan 8MP serta kamera belakang beresolusi 13MP dan 5MP.

Selain mengunggulkan desain elegan, Nokia 3.1 Plus memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, dengan kapaitas 3.500 mAh.

Smartphone bisa bertahan hingga dua hari setelah sekali full charge. Cocok untuk yang suka traveling,” tambah dia.

3 of 3

Dapur Pacu dan Harga Nokia 3.1 Plus

Nokia 3.1
Nokia 3.1

Tang mengatakan Nokia 3.1 Plus dibekali prosesor octacore MediaTek Helio P22.

Sistem operasinya sendiri Android 9 Pie. Ini jelas membuat smartphone tetap kuat ketika membuka beberapa aplikasi dan tidak mudah panas.

Nokia 3.1 Plus punya 2 slot SIM card dan 1 kartu memori eksternal hingga 256GB. Seri ini tersedia dalam dua warna, yaitu blue dan baltic.

Untuk harga dan ketersediaan, smartphone ini sudah bisa dibeli berbagai e-Commerce.

“Online pre-order mulai dari 15-22 Maret 2019 dengan harga Rp 2,399 juta," pungkas Tang.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓