Sukses

3 Startup Asal Indonesia Lolos Jadi Finalis Kompetisi Teknologi Alipay

Para finalis masing-masing bakal menerima hadiah uang tunai sebesar USD 10.000 untuk mendukung perkembangan masa depan startup mereka dan melaju ke tahap kompetisi berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Alipay baru saja mengumumkan tiga finalis kompetisi Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge.

Kompetisi ini juga diadakan bersama Ant Financial dan NUS, divisi kewirausahaan National University of Singapore.

Adapun ketiga startup  terpilih adalah Amalan International, Aruna, dan Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), yang memiliki kemampuan pemanfaatan teknologi digital untuk peningkatan kualitas hidup.

Diluncurkan pada November 2018, Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung pertumbuhan startup di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi digital untuk membangun masyarakat yang inklusif.

Para finalis masing-masing bakal menerima hadiah uang tunai sebesar USD 10.000 untuk mendukung perkembangan masa depan startup mereka, dan melaju ke tahap kompetisi berikutnya.

Adapun tahap grand finale, yang akan diadakan pada April 2019, akan mempertemukan para finalis Indonesia untuk bersaing dengan finalis-finalis dari Malaysia dan Singapura untuk meraih hadiah utama USD 50.000.

“Teknologi digital memiliki dampak mendalam terhadap lanskap ekonomi global. Teknologi digital menciptakan perusahaan-perusahaan dan sektor-sektor baru, serta mentransformasi model bisnis dalam industri tradisional,” ujar Profesor Wong Poh Kam, Senior Director, NUS Entrepreneurship Centre, sebuah divisi dari NUS Enterprise dalam keterangan resminya, Senin (18/3/2019).

“Untuk mengikuti gelombang transformasi digital ini dan memastikan adanya peluang inklusif untuk semua pihak, kami membutuhkan lingkungan yang mendukung agar inovasi lokal dapat berkembang di Asia Tenggara. Inilah mengapa kami menyatukan mitra-mitra dari seluruh wilayah untuk mengidentifikasi dan mendukung pertumbuhan inovasi lokal," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratusan Aplikasi dari Indonesia

“Sejak diluncurkan, Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge telah menerima beberapa ratus aplikasi dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia, dan kami senang melihat begitu banyak tim yang memanfaatkan teknologi digital dalam cara-cara yang inovatif untuk menyelesaikan beberapa kendala sosial terbesar di Asia Tenggara,” tutur Geoff Jiang, Vice President, General Manager of Technology and Business Innovation Group di Ant Financial.

“Kami sangat meyakini bahwa teknologi harus digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup, dan menantikan untuk dapat mendukung pertumbuhan tim-tim ini di masa depan, sehingga lebih banyak orang di Asia Tenggara dapat memanfaatkan inovasi mereka," katanya.

Para finalis dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia dipilih melalui proses penilaian ketat, dari evaluasi berdasarkan pada lima kriteria: inovasi, dampak sosial, potensi pasar, model ekonomi dan kekuatan tim.

Kontestan dari masing-masing negara menunjukkan bagaimana mereka menggunakan teknologi digital untuk menyelesaikan tantangan lintas sektor termasuk layanan keuangan, pertanian, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan dan pelatihan, makanan dan minuman, energi dan lingkungan, logistik dan transportasi, serta komunikasi.

3 dari 3 halaman

Rincian Finalis

Amalan International

Amalan International adalah social enterprise yang membantu masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk membayar utang bulanan, agar lebih cepat lepas dari jerat utang.

Mereka akan membayar dengan tagihan yang lebih ringan. Ada banyak alasan yang membuat masyarakat kesulitan membayar utang, seperti kehilangan pekerjaan, penyakit, kecelakaan, dan perceraian.

Amalan merancang solusi personal untuk permasalahan utang dengan kombinasi antara negosiasi diskon utang dan pinjaman yang lebih ringan untuk mengganti utang yang lebih berat (refinancing).

Aruna 

Aruna adalah startup digital yang mengembangkan platform e-Commerce untuk membantu komunitas nelayan di Indonesia untuk terhubung dengan para pembeli skala besar, sehingga dapat menciptakan perdagangan ikan yang efisien, adil, dan transparan bagi semua pihak.

Saat ini Aruna telah menjangkau lebih dari 16 daerah di Indonesia dengan total nelayan aktif sekitar 2000 orang dengan pendapatan terbesar nelayan bisa mencapai 11 kali rata-rata pendapatan nelayan secara nasional.

MSMB

Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) menggunakan teknologi berbasis hardware dan software untuk mengembangkan solusi pertanian cerdas dalam rangka membantu jutaan petani untuk meningkatkan hasil panen, mencegah serangan hama dan penyakit tanaman, memperoleh harga pasar yang lebih baik, dan mendapatkan dukungan permodalan usaha tani.

Mereka ami membangun ekosistem pertanian presisi yang memastikan bahwa petani mendapatkan jaminan keberlangsungan cara tanam yang baik, pembiayaan secara tepat, pasar dengan harga yang pantas, dan didukung oleh pemerintah daerah dan pusat serta pelaku swasta yang berkomitmen dalam ekosistem yang kami bangun.

Saat ini, mereka sedang mengembangkan proyek ekosistem yang melibatkan 2.020 petani dengan luas lahan lebih dari 4.000 hektar  di Jawa dan Bali. 

Untuk detail mengenai finalis di Singapura dan Malaysia, silakan kunjungi https://alipaynusseachallenge.com/top-9-grand-finalists/.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.