16 Jenis Android dari Masa ke Masa, Mulai Apple Pie Hingga Pie

Oleh Novita Ayuningtyas pada 18 Mar 2019, 12:40 WIB
Diperbarui 18 Mar 2019, 14:16 WIB
Jenis Android

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan Android ini tentu tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Hal ini tentu saja karena Android merupakan sistem operasi yang hampir digunakan pada smartphone yang beredar di masyarakat dan juga paling populer.

Sistem operasi Android sendiri selalu memiliki pembaharuan. Sehingga jenis Android pun cukup banyak. Tentu saja dengan banyaknya jenis Android yang ada, fitur keunggulannya pun beragam.

Android sendiri bukan satu-satunya sistem operasi, masih ada lainnya yang digunakan. Antara lain iOS pada Apple, Blackberry dan juga Symbian.

Salah satu hal yang membuat sistem Android ini menarik ialah nama-nama dari jenis Android yang digunakan pada setiap genereasinya. Hal ini dikarenakan nama yang digunakan pada setiap jenis Android ini menggunakan nama makanan.

Mulai dari Apple Pie, Banana Bread, Cup Cake hingga Pie untuk versi terbarunya. Lebih uniknya lagi, setiap sistem Android yang diperbarui selalu berurutan dengan abjad.

Buat kamu yang masih belum mengetahui apa saja jenis Android yang ada, Liputan6.com pun telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019).

2 of 5

Jenis Android

Jenis Android
Jenis Android (iStockPhoto)

1. Android Apple Pie atau Alpha v 1.0

Jenis Android pertama ialah Apple Pie atau dikenal pula dengan Android Alpha. Untuk jenis Android ini terdapat dua versi yaitu yang dirilis oleh Google dan juga OHA.

Jenis Android Alpha ini pertama kali diperkenalkan pada 23 September 2008. Fitur yang dimiliki pada Android ini ialah play store, web browser, kamera, sinkronisasi antara Gmail, kontak dan juga Google Agenda. Bukan hanya itu saja, akan tetapi pada versi Android Alpha ini pun telah dilengkapi dengan Maps serta streaming YouTube.

2. Android Banana Bread atau Beta v 1.1

Jenis Android ini dirilis pada bulan Februari 2009. Fitur yang dimiliki oleh Android Beta ini pun tidak jauh berbeda dengan Android Alpha.

Namun Android ini pun telah digunakan pada sebuah ponsel. HTC menjadi salah satu ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android Beta ini.

3. Android Cup Cake v 1.5

Android Cup Cake ini merupakan jenis Android yang mulai terkenal. Hal ini dikarenakan versi dari Android ini mulai menunjukkan sistem operasi yang canggih.

4. Android Donut v 1.6

Setelah sebelumnya Google menamai produk sistem operasi dengan nama makanan, rupanya hal ini pun berlanjut. Pada perilisan di bulan September 2009, versi terbaru Android pun muncul kembali, yaitu dengan nama Android Donut. Jenis Android ini pun mulai bisa memperbaiki masalah atau bug. Selain itu, pada jenis Android Donut ini memiliki fitur tambahan berupa fitur navigasi Turn by Turn.

3 of 5

Jenis Android

Jenis Android
Jenis Android (iStockPhoto)

5. Android Eclair v 2.0 - 2.1

Android versi 2.0 ini pun dirilis pada Oktober 2009 dengan nama Eclair. Versi Android Eclair ini pun awal dari diterapkannya aplikasi Bluetooth 2.1 pada Android.

Tak berselang lama, versi 2.0 pun di update ke versi 2.1 yang tentu saja memiliki fitur tambahan lain. Fitur tambahan pada versi ini ialah Multi Touch, Live Wallpaper serta flash kamera.

6. Android Frozen Yogurt atau Froyo v 2.2

Jenis Android dari Froyo v 2.2 ini mulai dirilis pada bulan Mei 2010. Tentu saja saat update Android versi terbaru, ada pula fitur tambahan agar Android ini semakin diminati.

Pada Android Froyo ini pada Google Chrome di Android terdapat tambahan Script Chrome. Hal ini dilakukan untuk menambah kecepatan kinerja pada Google Chrome.

7. Android Gingerbread v 2.3

Masih ditahun yang sama dengan perilisan Android Froyo, Android Gingerbread pun dirilis pada bulan Desember 2010. Pada Android versi 2.3 ini ada pula fitur NFC, internet calling dan juga download manager yang diterapkan pada sistem operasi Android Gingerbread.

8. Android Honeycomb v 3.0 - 3.2

Selanjutnya ialah sistem Android Honeycomb. Android Honeycomb ini resmi dirilis pada Februari 2011. Selain itu, jenis Android ini pun banyak digunakan pada tablet yang saat itu banyak diminati.

9. Android Ice Cream Sandwich v 4.0

Jenis Android Ice Cream Sandwich ini bisa dikatakan sebagai awal reformasi dari sistem operasi Android. Pasalnya sistem operasi versi 4.0 ini bisa digunakan pada semua jenis platform dan juga smartphone. Selain itu, fitur dari sistem operasi ini pun semakin bertambah dan juga menjadi lebih multitasking.

4 of 5

Jenis Android

Jenis Android
Jenis Android (iStockPhoto)

10. Android Jelly Bean v 4.1.2

Dirilis melalui konferensi I/O Google pada 27 Juni 2012, jenis Android Jelly Bean ini pun resmi digunakan. Android ini merupakan versi dari Android yang mendapatkan update hingga 2 kali. Untuk versi terbaru dari Android ini pun menggunakan User Interface dan juga menambahkan Google Search sebagai fitur baru mereka.

11. Android KitKat v 4.4.2

Jenis Android KitKat ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada smartphone. Android KitKat ini pun resmi dirilis pada 2013 lalu dan memiliki banyak pembaharuan pada fitur-fitur yang dimiliki.

12. Android Lollipop v 5.0

Jenis Android Lollipop ini pertama kali digunakan pada smartphone Google Nexus 6. Android ini rilis pada tahun 2014 serta memiliki fitur tambahan yang menyempurnakan fitur-fitur terdahulunya. Selain itu, sistem kerja pada Android Lollipop ini pun lebih sempurna dari versi Android sebelumnya.

13. Android Marsmallow v 6.0

Rilis di tahun 2015, Android versi 6.0 ini memiliki fitur tambahan support USB Type C. Selain itu, pada jenis Android Marsmallow ini pun memiliki fasilitas sensor sidik jari dan juga daya baterai yang meningkat. Tentu saja jenis Android ini banyak digunakan pada smartphone keluaran baru.

5 of 5

Jenis Android

Jenis Android
Jenis Android (iStockPhoto)

14. Android Nougat v 7.0

Lebih meningkat dari sistem operasi sebelumnya, Android yang dirilis pada 2016 ini pun diberi nama dengan Nougat. Beberapa fitur pada Android Nougat ini pun cukup memuaskan, seperti support pada Multi Window.

15. Android Oreo v 8.0

Dirilis pada Agustus 2017 lalu termasuk dalam jenis Android yang cukup mumpuni. Android versi 8.0 ini pun lebih mengutamakan pada kecepatan dan juga efisiensi. Bahkan kecepatan Boot pun mencapai 2 kali lipat. Selain itu baterai pada sistem Android ini pun lebih tahan lama.

16. Android Pie v 9.0

Android Pie merupakan jenis Android versi terbaru. Hal ini karena peluncuran Android Pie dilakukan pada Oktober 2018. Desain dan juga fitur yang ada pada jenis Android ini pun berbeda dari versi sebelumnya.

Salah satu fitur yang dimiliki pada Android Pie ini ialah App Actions. Fitur ini membuat Android bisa memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya. Selain itu, mempu untuk meningkatkan agar konten yang ada pada ponselmu mudah untuk di akses.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by