Qualcomm: Kamera Smartphone 100MP Bakal Hadir Tahun Ini

Oleh Andina Librianty pada 17 Mar 2019, 12:00 WIB
Snapdragon 855

Liputan6.com, Jakarta - Senior Director of Product Management Qualcomm, Judd Heape, mengatakan kamera smartphone akan memiliki resolusi yang sangat besar pada tahun ini. Menurutnya, kemungkinan akan ada smartphone dengan kamera 64MP, bahkan 100MP.

Dilansir GSM Arena, Minggu (17/3/2019), chipset Snapdragon milik Qualcomm yang ada sekarang, 660, 670, 675, 710, 845, dan 855, sebenarnya sudah mendukung resolusi 192MP. Namun, fitur-fitur seperti multi-frame noise reduction dan zero shutter lag harus dinonaktifkan dulu.

Terlepas dari persoalan teknis tersebut, mengutip laporan dari mysmartprice, Heape mengatakan, sejumlah vendor saat ini sedang bekerja sama dengan produsen sensor kamera agar bisa merilis smartphone dengan resolusi 64MP, bahkan 100MP. Produk tersebut diharapkan bisa meluncur akhir tahun ini.

Menurutnya, saat ini sejumlah vendor berlomba untuk merilis smartphone dengan angka megapiksel tertinggi. Hal tersebut justru tidak sesuai dengan keinginan Qualcomm, tapi kata Heape, industri ini bergerak ke arah itu.

Heape mengatakan, dia secara pribadi menyukai piksel yang lebih besar daripada piksel yang lebih banyak, untuk peningkatan kualitas gambar. Namun ia tidak mengungkapkan nama vendor yang dimaksud.

2 of 2

CEO Huawei Bicara soal Masa Depan Smartphone Lipat

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)
Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Adapun saat ini, pasar smartphone telah memiliki varian produk baru dengan layar yang bisa dilipat.

CEO Huawei, Richard Yu, dalam sebuah wawancara dengan media Jerman De Welt, membicarakan tentang masa depan bisnis smartphone, termasuk perangkat lipat. Ia meyakini perangat lipat akan memiliki peran penting di pasar smartphone.

Dikutip dari Phone Arena, Mate X merupakan smartphone lipat pertama dari Huawei. Yu pun optimistis perangkat tersebut akan memberikan dampak signifikan di pasar smartphone dalam beberapa tahun ke depan. Khususnya, karena banyak perusahaan lain akan meniru desain smartphone tersebut.

Selain itu, Yu juga mengatakan, harga jual smartphone lipat seiring dengan peningkatan popularitasnya, akan semakin murah. Ia pun berharap Huawei suatu saat nanti bisa menjual smartphone lipat kurang dari US$ 1.125, bahkan di bawah USD 562.

Lebih lanjut, pimpinan Huawei itu juga turut menyinggung iPhone lipat. Menurut Yu, iPhone lipat kemungkinan tidak akan dirilis pada tahun ini. Bahkan secara pribadi, ia merasa sampai tahun depan belum ada smartphone lipat dari Apple.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓