Sukses

Smartphone Pixel Sudah Bisa Cicipi Android Q Beta 1

Google akhirnya merilis versi beta pertama OS Android Q, tapi tidak untuk semua perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya merilis versi beta pertama OS Android Q, tapi tidak untuk semua perangkat Android. Sejauh ini, yang bisa mencicipi OS tersebut adalah smartphone Pixel.

Dilansir GSM Arena, Jumat (15/3/2019), smartphone yang sudah bisa mencicipi OS tersebut, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Ketersediaan untuk Pixel dan Pixel XL dinilai cukup mengejutkan mengingat keduanya sudah melewati waktu dukungan untuk fitur-fitur baru. Namun, belum diketahui apakah keduanya akan mendapatkan versi final Android Q atau tidak.

Para pengguna Pixel bisa mendapatkan software Android Q beta ini melalui program Android Beta. Kemudian, pengguna akan menerima OS tersebut melalui over-the-air.

Android Q Beta 1 ini terutama ditujukan bagi para developer untuk memulai pengujian aplikasi mereka. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik dengan OS ini, harus mempersiapkan diri karena versi beta biasanya belum stabil dan banyak bug.

Jika merujuk pada tahun-tahun lalu, sebagian besar fitur untuk konsumen di Android Q akan diumumkan dalam konferensi Google I/O. Pada tahun ini, acara tersebut akan digelar pada Mei 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Android Q Bakal Boyong Face ID dan Screen Recording Bawaan?

Sejumlah informasi mengenai Android Q sudah bermunculan di ranah maya. Beberapa waktu lalu muncul laporan yang menyebutkan OS tersebut akan memiliki fitur pengenalan wajah yang lebih baik.

Selain itu, Android Q juga akan memiliki kemampuan screen recording bawaan. Sebelumnya, untuk melakukan hal tersebut, pengguna Android biasanya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Ada pula opsi fitur Emergency baru yang dapat diakses dengan tombol Power. Jadi, opsi untuk memanggil nomor darurat yang dapat dihubungi kini muncul bersama opsi power off, restart, dan screenshot.

Tidak hanya itu, Android Q juga akan mendukung 5G dan Wi-Fi WPA3. Kemudian juga ada fitur Sensor Privacy, yang memungkinkan pengguna mematikan akses untuk sejumlah sensor.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.