Facebook dan Instagram Sudah Bisa Diakses

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 14 Mar 2019, 10:02 WIB
Ilustrasi Facebook - Media sosial

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tumbang berjam-jam, aplikasi Facebook dan Instagram akhirnya berangsur normal. Keduanya mulai bisa diakses oleh penggguna.

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman pendeteksi situs down DownDetector, Kamis (14/3/2019), jumlah laporan error-nya Intagram dan Facebook mulai menurun.

Per pukul 09.00 WIB, laporan tentang error Instagram sedang berada di puncak dengan jumlah laporan lebih dari 30 ribu laporan.

Sementara setelah pukul 09.00 WIB, jumlah laporan terus menurun hingga terakhir menjadi 5.000an laporan.

Kemudian, laporan soal error-nya Facebook pun mengalami penurunan setelah pukul 09.00 WIB. Puncak laporan terjadi sekitar pukul 09.00 dengan jumlah lebih dari 12 ribu laporan.

Sementara saat ini jumlah laporan turun hingga 3.000an laporan.

Ketika Tekno Liputan6.com mencoba mengakses Instagram, aplikasi ini sudah bisa diakses secara normal.

 

Penjual Angkringan Ungkap Peredaran Uang Palsu
2 of 3

Layanan Facebook Mulai Normal

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Proses loading pun membuahkan hasil, yakni pembaruan unggahan bisa dirasakan pengguna. Demikian juga dengan pencarian di Instagram juga bisa diakses.

Selanjutnya Facebook juga sudah bisa diakses, kami bisa memperbarui News Feed dan tampak update yang diunggah teman mulai bisa terlihat. 

Sayangnya, ketika kami mencoba mengirim gambar lewat WhatsApp masih belum bisa dilakukan dan selalu mengalami kegagalan.

Bagaimana dengan warganet pengguna Instagram, Facebook, dan WhatsApp lainnya, apakah aplikasi tersebut masih belum bisa diakses?

3 of 3

Facebook dan Instagram Sempat Tumbang

Instagram
Ilustrasi Instagram (iStockPhoto)

Facebook, Instagram, dan WhatsApp, ternyata sempat tumbang di sejumlah negara pada hari ini, Kamis (14/3/2019). 

Pantauan Tekno Liputan6.com, adapun layanan yang tak bisa diakses aplikasi dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Meski demikian, beberapa pengguna mengaku sudah bisa mengakses kembali ketiganya.

Menurut situs Down Detector, tumbangnya Facebook dan Instagram berawal dari pukul 01.00 WIB di beberapa negara, mulai Amerika Serikat (AS), beberapa negara di Eropa, Asia, hingga termasuk Indonesia.

Adapun tumbangnya WhatsApp terjadi di sejumlah negara, seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan juga Brazil. 

Facebook selaku pemilik semua layanan tersebut mengakui bahwa layanannya memang tidak bisa diakses.

Mereka pun menyampaikan pengumuman dan permintaan maaf lewat Twitter dan berjanji akan segera menuntaskan masalah ini.

“Kami sadar isu ini berdampak ke pengguna Instagram sekarang, dan pasti rasanya sangat frustrasi. Tim kami bekerja keras untuk memperbaiki masalah ini sesegera mungkin,” kata @instagram lewat twitnya.

“Kami sadar kalau sejumlah pengguna bermasalah masuk ke Facebook lewat aplikasi. Kami berusaha untuk memperbaikinya secepat mungkin,” ujar @facebook dalam sebuah twit. 

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓