Sukses

Google Konfirmasi Ada Masalah di Gmail dan Drive

Google mengakui bahwa layanan Gmail saat ini sedang bermasalah, perusahaan mengklaim trouble yang dihadapi saat ini sedang diperbaiki.

Liputan6.com, Jakarta - Gmail dan Google Drive dilaporkan tengah tumbang dan tidak dapat diakses oleh sejumlah pengguna di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Masalah ini dilaporkan sejumlah pengguna kira-kira satu jam lalu. Google sendiri sudah mengonfirmasi mengenai masalah ini.

Dikutip dari situs resmi Google, Rabu (13/3/2019), perusahaan masih melakukan investigasi terkait masalah ini.

Lebih lanjut disebutkan, perusahaan akan memberikan detail lebih lanjut mengenai perkembangan investigasi dalam satu jam ke depan, termasuk solusi yang dapat diberikan perusahaan.

"Untuk saat ini, pengguna akan kesulitan untuk mengakses atau menambahkan file di sejumlah produk, termasuk Gmail dan Drive," tulis Google dalam keterangannya.

Untuk Gmail, masalah yang dialami pengguna adalah kesulitan untuk melampirkan atau mengakses file. Selain itu, pengguna juga tidak dapat mengakses dan menyimpan email draft, termasuk mengirim email.

Sementara untuk Drive, masalah yang ditemukan pengguna adalah kesulitan saat menggunggah atau mengunduh file. Karenanya, pengguna Gmail harap bersabar hingga Google memberikan keterangan lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gmail dan Google Drive Tak Bisa Diakses di Beberapa Negara

Gmail dan Google Drive sempat tumbang dan tidak bisa diakses oleh pengguna di beberapa negara. Dalam kasus ini, Indonesia menjadi salah satunya.

Tak cuma Indonesia, seperti dilaporkan akun yang sering melaporkan kerusakan situs web Report Outage, negara lain seperti Australia dan Selandia Baru juga tidak dapat mengakses Gmail dan Google Drive.

Lewat laporannya, masalah tersebut muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam akun Twitter-nya, Report Outage juga memperlihatkan beberapa negara lain yang dapat mengakses Gmail dan Google Drive, seperti Amerika Serikat (AS), Turki, dan beberapa negara di Eropa barat.

Namun kini, per pukul 11.46 WIB, pantauan Tekno Liputan6.com, Gmail sudah kembali bisa diakses. Salah satu anggota tim kami mencoba dengan mengirim email dan sukses terkirim.

Gmail dan Google Drive sedang mengalami masalah koneksi secara global. (Doc: Google)

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.