Sukses

Bakal Capres AS Ini Bakal Batasi Google, Facebook, dan Amazon

Salah satu bakal calon presiden AS 2020 menyebut akan menerapkan aturan baru bagi raksasa perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, dan Amazon.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden AS, Senator Elizabeth Warren berjanji jika dirinya terpilih menjadi presiden nanti, dirinya akan menghentikan raksasa internet seperti Facebook, Google, dan Amazon dari upaya mengontrol kehidupan masyarakat Amerika.

Pasalnya, ketiga perusahaan teknologi ini dinilai telah sangat mengontrol kehidupan masyarakat Amerika.

Mengutip laman The Guardian, Minggu (10/3/2019), dalam rencananya mengendalikan perusahaan teknologi, Warren mengusulkan adanya undang-undang khusus bagi perusahaan yang pendapatan globalnya di atas USD 25 miliar.

Ia juga berencana untuk meninjau ulang aturan perusahaan teknologi di Silicon Valley.

"Saat ini, perusahaan teknologi memiliki kekuatan yang terlampau banyak, kekuatannya sangat berpengaruh pada ekonomi, kemasyarakatan, dan demokrasi kita," kata senator dari Massachusetts ini melalui unggahan blognya.

"Mereka membuat kompetisi, menggunakan informasi pribadi kita untuk mendapatkan keuntungan, dan bertarung dengan semuanya," kata dia.

Warren merupakan seorang advokat antimonopoli yang menyerang bank-bank besar setelah krisis finansial di tahun 2007-2009.

Salah satu cara yang bakal dia lakukan bila terpilih jadi presiden AS adalah dengan memilih regulator yang berusaha menolak merger bersifat monopoli, seperti saat Facebook mengakuisisi Instagram atau Amazon membeli Whole Foods.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Lindungi Pembuat Konten dan Media

"Kita harus membantu pembuat konten Amerika, dari koran lokal hingga majalah nasional, hingga komedian dan musisi, menjaga lebih banyak nilai yang dihasilkan konten mereka, ketimbang melihatnya diambil oleh perusahaan seperti Google dan Facebook," katanya.

Sebelumnya, calon rival Warren di Pilpres AS 2020 mendatang adalah Senator Cory Booker. Ia dikritik lantaran memiliki kedekatan di masa lalu dengan industri teknologi.

Kandidat lainnya, Amy Klobuchar dari Partai Demokrat menyebut, selama ini ketika pihaknya mencoba mengusulkan hal semacam ini, ada anggapan mereka tengah mengatur internet.

"Padahal, perusahaan media dan informasi merupakan komoditas," katanya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.