Sukses

Hands-on Smartphone Layar Lipat Huawei Mate X di Jakarta

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal smartphone tersebut dalam sebuah sesi hands on yang digelar Huawei Indonesia di Jakarta, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Huawei belum lama ini memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya, Huawei Mate X, di Barcelona.

Perangkat ini merupakan smartphone layar lipat yang telah mendukung jaringan 5G. Namun demikian, Huawei Mate X juga bisa dipakai di jaringan 4G.

Beruntung, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal smartphone tersebut dalam sebuah sesi hands on yang digelar Huawei Indonesia di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Perangkat ini khusus dihadirkan ke Indonesia agar media bisa menjajalnya.

Penampilan smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin S. Wardani)

Kami mencoba perangkat yang dinobatkan sebagai smartphone layar lipat 5G paling tipis di dunia itu.

Ketika digenggam, Huawei Mate X memang terbilang tipis sebagai layar lipat, hanya 5,4 inci sehingga cukup nyaman ketika digenggam.

Perlu diketahui, Mate X merupakan smartphone yang layarnya dilipat ke arah luar.

Huawei Mate X

Ada tiga layar di perangkat ini yang masing-masing berukuran 8 inci (saat smartphone menjadi tablet), layar depan seluas 6,6 inci saat perangkatnya dilipat, serta layar belakang yang luasnya 6,36 inci.

Karena layarnya cukup lebar, mereka yang memiliki tangan kecil, misalnya saja pengguna wanita, akan sedikit kewalahan memegangnya.

Tidak ada notch alias poni di layar sebagai tempat untuk meletakkan kamera depan. Pasalnya, ketiga kamera berteknologi Leica (kamera utama maupun selfie) ditempatkan pada sebuah bingkai khusus, lengkap dengan LED flash, sebuah tombol kecil untuk membuka layar, dan logo Huawei.

Diungkapkan oleh Product Marketing Manager Huawei Consumer Business Group Indonesia Adven Jose, Mate X merupakan smartphone yang kamera depannya menggunakan teknologi Leica. 

Tampak bagian belakang smartphone Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Multitasking

Ketika perangkat dalam kondisi terlipat, pengguna bisa membuka kamera belakang.

Kemudian untuk mencoba ber-selfie, pengguna bisa membalik smartphone dan menggunakan layar yang lebih kecil, menekan ikon kamera di layar, dan kemudian bisa langsung berfoto menghadapkan wajah ke kamera selfie.

Tampak depan smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Begitu juga saat pengguna ingin memotret. Misalnya, pengguna mau memotret kumpulan orang, objek yang difoto bisa melihat dirinya sendiri di layar apakah gayanya sudah oke atau belum dengan fitur Live Mirroring Selfie.

Kemudian, pengguna bisa melakukan tugas normal pada sebuah smartphone di semua layarnya. Misalnya untuk membuka aplikasi, mengetik, berkirim pesan, atau hal lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Tablet 8 Inci

Lalu, kami mencoba untuk membuka layar lipat dan menjadikannya sebuah tablet 8 inci.

Caranya cukup mudah, yakni tinggal menekan tombol yang ada di bingkai. Selanjutnya smartphone-pun berubah menjadi tablet yang bisa dipakai untuk berbagai hal.

Tampak sisi bawah smartphone Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin S. Wardani)

Uniknya, layar yang lebar itu bisa dipakai untuk membuka dua jendela browsing atau side-by-side browsing. Sehingga bisa dibilang kalau perangkat ini multitasking.

Layar multitasking pada smartphone layar lipat Huawei Mate X (Liputan6.com/ Agustin S W)

Untuk main gim seperti PUBG pun layar besar ini cukup menguntungkan karena bisa melihat lebih luas.

Saat perangkat ditutup, pihak Huawei memastikan bahwa tidak ada selembar kertaspun yang bisa masuk ke rongganya.

Tampak sisi bawah smartphone Huawei Mate X ketika dilipat. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Kini beralih ke sisi-sisinya, perangkat ini dibekali sebuah speaker di sisi bawahnya. Mate X dilengkapi dengan sebuah port USB tipe C untuk pengisian daya. 

Kemudian, ada tombol Power yang bisa berfungsi sebagai pemindai sidik jari dan di atasnya ada tombol Volume.

Tampak sisi samping smartphone Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Meski begitu, tidak terdapat jack headphone 3,5 mm. Sehingga pengguna harus memakai Bluetooth headset saat hendak mendengarkan musik.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.