Sukses

Penyebab Laptop Blue Screen dan Cara Mengatasinya, Mudah dan Cepat

Blue screen adalah salah satu eror yang paling ditakuti para pengguna laptop.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern seperti saat ini, memakai laptop sudah menjadi suatu keharusan. Bahkan laptop telah ada di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak heran jika laptop pun sering mengalami kerusakan karena terlalu sering melakukan aktivitas berat.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada laptop adalah Blue Screen. Jika sudah begini, umumnya laptop tiba-tiba restart sendiri dan tidak bisa dipakai.

Blue Screen atau Blue Screen of Death (Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian) disingkat BSoD terjadi saat sistem operasi Windows mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan (stop).

Blue Screen hanya terjadi pada sistem operasi Windows atau sistem operasi berbasis Windows (misalnya pada beberapa mesin ATM atau sistem operasi ReactOS).

Banyak orang yang masih tidak tahu apa penyebab dari Blue Screen dan bagaimana mengatasinya. Berikut penyebab laptop Blue Screen yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Laptop Blue Screen

1. Driver Mengalami Kerusakan

Penyebab laptop Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan kode “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”. Penyebab laptop Blue Screen ini terjadi umumnya karena sistem operasi tidak mendeteksi dengan baik perangkat baru yang dihubungkan sehingga driver yang secara manual atau otomatis di-install mengalami kerusakan (crash).

Hardware bisa jadi penyebab terjadinya Blue Screen, jika kamu menggunakan komputer PC dan mengupgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya kamu diminta untuk meng-install driver. Driver dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru kepada sistem operasi sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya. Jika driver dan sistem yang kamu install tidak cocok maka ada terjadi kerusakan atau eror.

Solusi: Pastikan install driver hardware kamu yang sesuai lalu coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card kamu, dan jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab laptop Blue Screen ini terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya. Namun bukan berada di hardsik.

Solusi: Coba periksa apakah kabel SATA/IDE hardisk telah terpasang dengan benar dan cek partisi dengan chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab laptop Blue Screen :

· Overheat ( suhu pada laptop terlalu panas )

· Overclocking yang berlebihan

· Processor yang corrupt

· BIOS yang corrupt

Solusi: Kamu dapat mematikan (shutdown) laptop terlebih dahulu lalu cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. Jika bermasalah coba tambahkan komponen pendingin.

4. DATA_BUS_ERROR

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah slot atau memory ( RAM ) terdapat kerusakan

Solusi: Coba periksa dan ganti RAM dengan yang baru

3 dari 6 halaman

Macam Blue Screen pada Laptop

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab laptop Blue Screen ini bisa terjadi karena posisi jumper pada hardisk yang salah lalu bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector.

Solusi: Periksa kondisi kabel IDE , bersihkan virus pada boot sector dan atur kebali jumper pada hardisk

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadinya kesalah pada saat installasi driver VGA kamu.

Solusi: Instal ulang driver VGA kamu, pastikan dengan driver yang sudah ter-update.

8. BAD_POOL_CALLER

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah kesalahan pada saat installasi OS ( biasanya terjadi pada Windows XP)

Solusi: Pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corruptcara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang laptop. dan pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Blue Screen

· System Restore

Jika Blue Screen baru saja terjadi pada laptop kamu maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat laptop kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

· Scan Malware

Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

· Install Update Driver

Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware laptop kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

· Boot ke Safe Mode

Jika komputer kamu mengalami BSOD ketika dinyalakan, kamu bisa masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kamu dapat menguninstallnya.

· Periksa Masalah Hardware

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari laptop. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin laptop kamu terlalu panas dan kekurangan fan.

·Install Ulang Windows

Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang laptop kamu. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

6 dari 6 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.