Sukses

10 Jenis Komunikasi Daring, Jarang yang Tahu Ini Penjelasan Macamnya

Berikut ini pengertian dan juga jenis komunikasi daring yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Dengan berkembangan teknologi saat ini, maka untuk urusan komunikasi pun tak perlu lagi dibuat bingung. Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan jasa komunikasi. Tentu saja hal ini bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan menginstal aplikasi tersebut.

Jika kamu menggunakan aplikasi untuk menjalin sebuah komunikasi, maka ini disebut dengan komunikasi daring atau dalam jaringan.

Hal ini dikarenakan cara berkomunikasi untuk menyampaikan ataupun menerika pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Menggunakan internet sebagai salah satu media berkomunikasi bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan komunikasi dalam jaringan ini antara lain WhatsApp, Skype, dan juga Line. Melakukan komunikasi dalam jaringan ini tentu saja bisa mempermudah kamu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, dimana saja dan juga kapan saja.

Ternyata terdapat dua jenis komunikasi daring, antara lain ialah komunikasi sinkron dan juga komunikasi asinkron.

Biar kamu makin paham apa itu komunikasi daring dan juga jenisnya, Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019). Berikut ini pengertian dan juga jenis komunikasi daring yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tipe komunikasi daring

Komunikasi daring sendiri memiliki makna tertentu bagi dunia komputer dan juga telekomunikasi. Daring juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi karena telah terhubung. Jenis komunikasi daring sendiri ada dua, yaitu komunikasi sinkron atau serampak dan komunikasi asinkron atau tidak serempak.

Jenis komunikasi daring yang pertama ialah komunikasi sinkron atau serempak. Komunikasi sinkron ialah komunikasi yang menggunakan komputer, smartphone ataupun alat bantu lainnya yang digunakan sebagai media perantaranya. Untuk komunikasi sinkron kedua orang yang ingin berkomunikasi tersebut memiliki waktu yang sama atau real time.

Sedangkan untuk jenis komunikasi daring lainnya ialah komunikasi asinkron atau tidak serempak. Jenis komunikasi ini tentu saja berbeda dari komunikasi sinkron. Namun perbedaan dari kedua jenis komunikasi ini ialah waktu yang dilakukan untuk berkomunikasi. Pasalnya pada jenis komunikasi asinkron ini dilakukan tidak pada waktu yang bersamaan.

3 dari 11 halaman

Jenis komunikasi daring

Meskipun komunikasi daring terbagi menjadi dua tipe, akan tetapi masing-masing tipe ini pun memiliki jenis yang lainnya.

Selain itu, masih ada pula beberapa jenis komunikasi daring yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis komunikasi daring yang perlu kamu ketahui.

1. Komunikasi sinkron Video Call

Salah satu jenis komunikasi daring sinkron ialah video call. Seperti namanya, komunikasi jenis ini pun menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga kamu akan tetap mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

 

4 dari 11 halaman

2. Komunikasi sinkron chat

Jenis komunikasi sinkron ini tentu saja dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara.

Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

 

5 dari 11 halaman

3. Komunikasi sinkron call

Jenis komunikasi ini merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi kamu bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi.

Namun tak sedikit loh yang memiliki ketiga jenis komunikasi sinkron pada sebuah aplikasi.

 

6 dari 11 halaman

4. Komunikasi asinkron video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, pada komunikasi asinkron video ini, kamu hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara.

Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lwan bicara kamu.

 

 

7 dari 11 halaman

5. Komunikasi asinkron chat

Meskipun jenis komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan komputer ataupun smartphone dan juga jaringan internet, akan tetapi sifatnya sama dengan komunikasi asinkron video.

Kamu bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang ada, akan tetapi komunikasi yang terjalin merupakan komunikasi tunda.

 

8 dari 11 halaman

6. Komunikasi formal

Jenis komunikasi ini biasa dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri ialah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi formal, diantaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi saat dalam sebuah rapat.

 

9 dari 11 halaman

7. Komunikasi non formal

Komunikasi ini bisa terjadi diluar acara resmi. Namun meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi yang dilakukan ini bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Komunikasi informal

Komunikasi ini tentu saja kebalikan dari komunikasi formal. Selain itu, jenis komunikasi ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

9. Komunikasi kelompok

Seperti namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan secara berkelompok atau berregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

 

10 dari 11 halaman

10. Komunikasi jaringan kerja

Jenis komunikasi ini memiliki sifat pribadi. Karena tentu saja jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan.

Selain itu, pada komunikasi jaringan kerja, biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau pun platform khusus.

 

11 dari 11 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.