FIFA Meriahkan Turnamen Esports Dunia dengan Gelar eNations Cup

Oleh Yuslianson pada 07 Mar 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 12:13 WIB
FIFA 19

Liputan6.com, Jakarta - Badan pengendali internasional sepak bola, FIFA, menambah portfolio kompetisi esports miliknya dengan memperkenalkan eNations Cup.

Dikabarkan, turnamen perdana ini hanya dapat diikuti oleh tim-tim esports yang mendapatkan undangan khusus dari FIFA.

Rencananya, kompetisi yang digelar pada 13 dan 14 April 2019 ini akan berfungsi sebagai acara tahunan untuk memperkenalkan format baru timnas esports yang bersaing satu sama lain dalam kompetisi.

Turnamen ini akan terdiri dari 16 timnas esports yang terdiri dari dua pemain mewakili masing-masing konfederasi, yakni CONCACAF, CONMBEOL, CAF, OFC, AFC dan UEFA.

Informasi, eNations Cup merupakan turnamen undangan khusus bagi sejumlah pemain untuk mewakili tim nasional masing-masing negara peserta untuk pertama kalinya di FIFA 19 Global Series.

"Keterlibatan asosiasi kami dengan turnamen bangsa-bangsa ini merupakan bentuk dedikasi, dan langkah menarik bagi FIFA untuk pengembangan eFootball secara global," kata Luis Vicente, kepala transformasi digital dan petugas inovasi di FIFA, sebagaimana dikutip dari SportsPro, Kamis (7/3/2019).

 

2 dari 2 halaman

Apa Itu FIFA eNations Cup?

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

FIFA eNations Cup adalah salah satu dari tiga turnamen yang diselenggarakan oleh FIFA--dua lainnya adalah FIFA eWorld Cup dan FIFA eClub World Cup--dengan menawarkan 1500 poin Global Series selain uang hadiah.

FIFA eNations Cup bakal menjadi event yang memberi garansi bagi para pemain untuk merepresentasikan diri mereka bersama negara masing-masing.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓